Bermedia Sosial lah dengan Baik

“Berati-hatilah menggunakan media sosial”, hal itu yang saya dengarkan di stasiun radio jakfm dikala tengah musik2. kenapa begitu?? karna medsos (media sosial) ibarat pedang bermata dua. bisa jadi anda termasuk yg baik karna menyebarkan berita benar dan memberitahu orang lain, atau bisa jadi anda ikut menyebar fitnah dan keresahan di masyarakat.

baru-baru ini sebuah akun twitter @danisdarusman mempost berita mengenai kiriman barangny dari lazada, mengenai paket pesanan iphone ny yg hanya berisi sabun nuvo. hal ini kemudian menjadi viral di twitter, dan membuat pengguna lain ikut berkicau dan meretweet kicauan danis tersebut. usut punya usut berbagai media lain melakukan repost terhadap berita tersebut. sayang ternyata berita tersebut hanyalah pencemaran nama baik kepada lazada, karna danis sendiri seorang dari elevenia. “bersaing boleh tp secara sehat” itu dikutip dari salah satu kaskuser yg ikut berkomentar mengenai masalah ini”.(baca beritanya disini)

lalu apa kaitannya dengan pengguna sosmed?? yakni jadilah pengguna sosmed yg bijak, jangan asal menyebar berita yg ternyata konspirasi atwpun hal2 yang hanya menjatuhkan/fitnah terhadap seorang/sekelompok orang.

hal lain yang viral sekali adalah share mengenai kakek yg hilang, hidup sendiri, dan bekerja menggunakan kostum boneka. hal ini juga sempat menjadi viral di path, namun ternyata berita tersebut dikroscek oleh pemerintahan setempat, ternyata kakek tersebut memanfaatkan nya untuk meminta2.

di facebook lain halnya juga yg sering dishare ialah mengenai makanan berbahaya yg belum jelas kebenarny, berita politik tentang si anu, si ini, yg hanya menjelek2an seseorang, dll . fitur facebook yg memudahkan sharing hanya dengan satu klik, membuat berita menyebar dengan sangat mudah. padahal sebenernya kita belum tau pasti apakah berita yang kita share sebuah fakta, opini, atau hanya berita palsu/hoax.

berikut 3 tips agar ada menjadi pengguna sosmed yg bijak

  • share sesuatu yang benar2 pasti. share sesuatu yang bermanfaat, contohny event sosial, info yg sudah terbukti benar.
  • jangan membuat orang lain menimbulkan opini ganda terhadap suatu berita. jangan sebarkan berita fitnah yg menjatuhkan satu orang/beberapa orang.jangan menyebarkan berita yg meresahkan masyarakat.
  • pintar2 lah mencari info untuk mengecek kebenaran berita tersebut, coba sumber berita tersebut..

kita bukan masyarakat bodoh yg hanya mungkin menyebarkan berita palsu atw fitnah. “Sharing” di media sosial seperti anda menyebarkan berita lewat mulut anda, salah2 bisa menjadi dosa kita di akhirat, jadi bijak lah dalam menggunakan media sosial. orang bijak menjadi bermanfaat untuk orang lain

Komentarin aja

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s