7 Alasan kenapa kamu harus nonton Film Dibalik 98

Dibalik 98. Nih film yang baru keluar pertengahan januari 2015. baru premier kemaren *15jan, dan gw langsung tancep buat nonton ni film. ternyata super epic! film karya lukman sardi ini, bisa jadi salah satu film yang harus kamu tonton awal 2015 ini!

Berikut Trailer nya

1. Bercerita Enam Sisi Sudut Pandang karakter yang berbeda
film ini salah satu yang keren nya ialah, bercerita 6 sudut pandang karakter disini sekaligus. penonton diarahkan melihat dari sisi berbeda mengenai kisah Dibalik 98. Sudut pandang utamanya bercerita dari keluarga kecil, seseorang mahasiswi trisakti, Diana (Chelsea Islan), yang berjuang habis habisan menuntut reformasi bersama mahasiswa lain di era 98. Kakaknya seorang pegawai dapur istana, Salma, sedang hamil tua, dan suaminya seorang prajurit TNI, Bagus, yang harus tetap menjalankan tugasnya untuk mengamankan negara di era konflik waktu tersebut. Konflik muncul dari ketiganya.
Cerita juga dilihat dari sisi pemerintahan yang tengah getar getir menghadapai demonstrasi mahasiswa dimana mana yang menuntut diturunkan nya presiden kala itu. sudut nya diangkat dari pak Soeharto dan Habibi ketika itu. Sudut pandang berbeda, bersamaan diceritakan kisah pemulung miskin yang mati ketika konflik mei 98. serta sudut pandang seorang mahasiswa trisakti etnis cina, Daniel, mahasiswa yang ikut memperjuangkan reformasi di tengah keluarganya yang sedang menghadapi ancaman.
2. Teknik pengambilan gambar yang keren
dari awal film ini mulai, membuat gw kagum. cara pengambilan gambar nya, serta permainan lensanya patut dipuji. sudut pengambilan gambar yang menarik. benar2 menggambarkan potret2 kejadian ketika itu. kemiskinan, kerusuhan, konflik, semua ditangkap keren dengan pengambilan gambar yang apik.
3. Cerita Diangkat berlatar Kisah sejarah Indonesia
perlu tahu bahwa film ini fiksi yang diangkat dari kisah non fiksi mengenai tragedi 98. terlepas memang tidak semua cerita merupakan fakta, namun hampir setiap timeline kejadian yang ditampilkan lewat film ini membuat kita turut merasakan feel sejarah yang terjadi ketika itu.
4. Akting aktor dan aktris yg keren
hal ini juga salah satu yang menopang, kenapa film ini keren. karna pemain2 yang memainkan karakternya juga keren san maksimal. donny alamsyah, chelsea islan, t. wisnu rifkana, semua ialah bintang2 layar kebar yang sudah tak asing. spesial chelsea… aduhh gw ampe megap2 liat mukenye. hahaha
5. Drama yang epic
pas gw nonton, ini film menaik turunkan perasaan. membuat haru, tawa. konflik2 yang disajikan membuat gw turut merasakan kesengsaraan, keruwetan di era tersebut. drama keluarga yang jelas sangat mengharu.
6. Syarat akan makna hidup
film ini juga syarat akan makna kebijaksanaan. mulai dari gelora semangat mahasiswa yang tak menyerah untuk reformasi. kisah abdi negara yang harus tetap taat menjalankan tugas. kisah toleransi agama ketika salah satu etnis terancam ketika itu. benar2 komplit, dan tak sekedar cerita.
7. Ide cerita yang fresh
nah ditengah dinding2 twenty one yang diisi oleh film2 bergenre cinta2an alay anak sma atw remaja, atw film hantu ga mutu. film ini hadir bergenre drama yang berlatar konflik sejarah yang hampir diketahui oleh masyarakat luas. Ide cerita yang mengangkat kisah Dibalik 98 ini benar2 fresh untuk perfilman indonesia akhir2 ini kalo menurut gw.

so review nya ialah 8.5 dari 10 poin menurut gw. alasanya sudah lu baca, dan waktunya lu angkat kaki ke bioskop untuk nikmatin Epic Drama yang keren ini dr perfilman tanah air. Mahasiswa wajib tonton!
#ReformasiSampaiMati

7 thoughts on “7 Alasan kenapa kamu harus nonton Film Dibalik 98

  1. Yang bener cuma poin 2&6 kalo menurut aku. Sisanya semunya engga banget. Filmnya kurang dapet feelnya, kurang dapet kerennya, kurang dapet inti ceritanya, kurang dapet materi ceritanya, pokonya masih kurang. Terlalu banyak sudut pandang jadi gak nemu titik fokus. Penonton kecewaaaa:'((

    1. kayaknya ga sesuai ekspektasi kamu. emang kamu bakal nyangka gimana? emang feel seperti apa yg dimau?
      justru sudut pandang film yg berbeda2 memang sengaja diciptakan kalo menurut gw. justru sinematografi dr berbagai sudut pandang ini yang jarang. kaitan antar tokoh menarik.

  2. isi sejarahnya terlalu cetek bos. maklumlah, orba masih ada disekitar kita. keliatan banget kok sutradaranya agak takut-takut untuk gambarin secara rinci kejadian sebenarnya. Harusnya ada adegan di mana tentara nembak mati mahasiswa dan nyulik aktivis-aktivis

    sutradaranya juga kurang fokus ama masing2 karakter yg hasilnya masing2 karakter juga kerasa cetek.

    tapi gw bakal dukung terus film kayak gini, supaya pemerintah kita bisa nuntasin kasus ini. meski sangat amat teramat bin kecil harapannya.

    1. bukannya memang ini lebih ke drama dr pada sejarah. kalo menurut ane sih gitu. karna se awal bukan mw bercerita seperti apa kejadian, tp lebih ke drama konflik2 antar tokoh. kan memang cerita nya fiksi, bukan non-fiksi.

      1. emang sih. tapi kalo katanya mau ke drama, kenapa banyak tokoh-tokoh non-fiksi ditampilin ya? Soeharto, Harmoko, Habibie, Wiranto, Prabowo, dan lain lain. Semuanya pake pemeran.

Komentarin aja

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s