Jatuh hati dari Ujung Genteng hingga Curug Cikaso

lika liku cinta dari jakarta hingga ujung genteng

wih romance banget ya tagline nya. padahal lika liku cinta yg gw maksud disini justru kontras. karna menurut gw ujung genteng ialah tempat yang hectic banget, paket wisata lengkap yang ada bukit bukit pegunungan, kebun teh, kabut, pinus pinus, serta ada pantai selatan yang tenang, pantai berombak tinggi yang bisa buat surfing, serta ada curug curug tinggi yang gagah nan deras, *lebay* hehehe.

tapi terlepas dari tempat yang destinasi nya lengkap, untuk kesana juga butuh usaha yang sepadan tentunya. jalan berliku dan tidak cukup bagus *baca: jelek. saat perjalanan beberapa temen gw bahkan dibuat muntah karna jalanan yang bikin mual.

perjalanan dimulai malam hari, kita sewa mobil. metode begini membuat perjalanan jauh lebih hemat dari berpindah2 angkutan umum, terlebih lagi akan memakan waktu dan perjalanan tidak fleksible. bebannya hanya ada pada sang supir, yang harus ekstra tenaga untuk mengemudikan.

jakarta hingga ujung genteng hanya memakan waktu enam hingga tujuh jam. kami berangkat pukul satu pagi, karna harus menjemput teman di bekasi (bekasi ya bekasi, perjalanan antar galaksi, wkwkw). beberapa kali istirahat untuk subuh, akhirnya tiba di sukabumi pagi hari, selepas matahari terbit. jalanan masih berkabut. tapi yang menakjubkan justru ada disana. perjalanan akan melewati bukit2, jalanan berliku, serta hamparan kebun teh yang benar2 menyejukkan. kanan kiri pohon pinus.

sebelum pertigaan menuju ujung genteng, mampirlah ke warung nasi uduk di pertigaan tersebut. tempatnya asik, makanan nya enak, ada bubur ayam, nasi uduk, serta gorengan2 pagi yang bisa mengisi kekosongan perut dan kedinginan daerah ini. tempat yang cukup cozy, nyamanin banget, udara yang sejuk, dan keramahan warga sekitar. tidak banyak mobil yang lalu lalang. oh ya atm terakhir ada di daerah yang ada pom bensin nya. itupun atm bri doang. jadi sediakan uang cash.

turun dari sana sekitar satu dua jam menuju ujung genteng, pemandangan semakin menyegarkan. pukul setengah sembilan, kami tiba di kawasan pantai ujung genteng. pertigaaan awal. sebelumnya memang harus membayar tiket untuk masuk. sekitar 27ribu untuk mobil, lupa detail untuk yang lain, namun cukup mahal untuk kawasan pantai menurut gw.

tiba disana istirahat, sembari menikmati kawasan pantai ujung genteng. menurut blog2 lain yang gw baca, ada beberapa tempat yang harus dikunjungi jika pergi ke ujung genteng. pantai tenda biru, pantai ujung genteng, penangkaran penyu (disebut pantai pangumbahan atau pasir putih), pantai cipanarikan, pantai cibuaya, pantai amanda ratu (tanah lot UG), curug cikaso dan curug cigangsa.

kawasan pantai ujung genteng dekat dengan pantai tenda biru. kami parkir mobil di pantai ujung genteng, dan tracking ke arah kiri menuju pantai tenda biru. kawasan pantai yang cukup menarik, karna tidak terlalu ramai walau wiken. di pantai ujung genteng terdapat bekas dermaga, tempat yang klasik dan lumayan untuk berfoto. oh ya kawasan ini seratus meter dari bibir pantai airnya masih cukup tenang dan dangkal setinggi dengkul, setelah lewat dari sana baru ombak. jadi cukup nyaman untuk liburan keluarga dengan membawa anak kecil­čśÇ

tracking ke tenda biru memakan waktu sekitar satu hinga satu setengah jam, melewati kapal2 nelayan, ke arah sana, cukup mengesankan. pasirnya sedikit kasar. sekitarnya agak banyak sampah, baik sampah alami maupun sampah2 konsumsi masyarakat. kawasan pantai tenda biru ialah kawasan konservasi alam, tempat pelatihan militer TNI AU. jadi harus berhati2. melewati hutan2. jadi lebih baik menyusuri pinggiran pantai.

cukup menarik melewati kawasan rumput laut yang tergenang air setinggi lutut. hamparan pantai luas, menjernihkan mata menyegarkan pikiran. kita bisa berendam ke tengah, berjalan2 ke arah sana. kawasaan tersebut merupakan teluk daerah ujung genteng, airnya tenang.

where to stay?

lepas dari sana, hunting penginapan murah. kisaran harga penginapan wiken ialah 100 hingga 250 ribu perkamar. untuk rumah 300 hingga 500ribu, tergantung fasilitas. kalo preferensi gw untuk liburan cukup tempat beristirahat dengan kamar mandi, jadi ga perlu tv maupun ac, cukup kipas. oh ya, berhati-hati banyak calo-calo yang menawarkan kamar2. cobalah cari sendiri penginapan. rekomendasi gw ialah Mama Losmen. cukup bersahabat. 100ribu perkamar dengan kipas angin dan kasur muat berempat. bisa sewa dua kamar 200rb, untuk delapan orang. sangat hemat. pemanandangan depannya juga menganggumkan, view langsung pantai, penginapannya bersih terjaga, kamar mandi dalam, ada pohon-pohon rindang, sehingga cukup teduh dan sejuk disekitarnya. halaman parkir pun luas. di depan penginapan ada saung-saung untuk bersantai, yang disekitarnya rerumputan untuk bisa bersantai piknik ria. hehe.


 

untuk makan siang cukup terjangkau, makan pecel ikan goreng, dengan harga 15ribu, ya lumayan, dengan rasa juga lumayan. ada beberapa warung makan didepan penginapan hexa, maupun sebelum mama losmen. makan siang di saung, duduk di atas karpet ditengah rerumputan, nyambi liat laut, oh feel free banget rasanya. oh ya kalo bisa bawa buah ke pantai, kayak semangka, atau mangga, bisa nyegerrrin banget.

lepas jeda istirahat ketiduran di saung, empat sore, lanjut ke pantai pangumbahan atau pasir putih buat liat tukik, bocah2 penyu yang dilepas ke laut. momenya ada tiap sabtu sore pukul lima. perorang ditarik biaya sepuluh ribu. cukup rame. diatas pasir putih lembut namun ombaknya azzze gile gede2. ternyata lumayan excited nyaksiin perjuangan hidup seekor penyu untuk bisa beradaptasi dengan lautan, mereka harus berjuang diterpa ombak gede, sebelum akhirnya bertemu emak2 mereka. oh ya bayi poenyu nya ga boleh dipegang, karna katanya mereka bisa lupa ingatan kalo disentuh manusia gitu. jadi kalo mw selfi ya boleh, asal ga dipegang.

Lepas dari sana sudah sore, arah jalan pulang, masih ada waktu untuk menikmati es kelapa muda di pantai cibuya sambil nikmatin sunset. epic banget, makan eskelapa sembari liat sunset. sayangnya hujan tiba, yang epic jadi pecah karna lari2 buat ngindarin hujan. lepas dari sana sekitar 400m, ada resto hj berkah, buat makan malam sifyuuutt. ikan kerapu merah bakar 2kg, 260rb, pake nasi dua bakul, es teh manis, plus kangkung balacan 2 mangkok gede. lumayan ngenyangiiin banget buat berdelapan.

karna hari mendung, ga banyak yang bisa dilakuin selain istirahat walau jam baru lewat pukul 8malam. padahal kalo kata orang2 sekitar dermaga bisa jadi tempat nongkrong yang asik banget sambil ngeliatin bulan purnama. rasanya romantis romantis ajib gitu. hehehe. nextday, nyari sunrise ke arah pantai tenda biru. cukup telat, karna kelelahan dan kesiangan. tapi cukup keren sunrise nya.

lepas dari sarapan, kita cabut, cekout. mampir ke pantai amanda ratu yang katanya tanah lot nya ujung genteng. tapi gw kecewa. cukup jelek. warna air coklat butek, dan tanah lotnya ga teralu bagus. setelah itu mampir ke Pantai Minajaya yang katanya juga keren. tapi lagi2 gw kecewa. pantai nya ga sebagus yang diomongin, emang pasirnya hitam, ada landmark pantainya. tapi sayang banyak cabe-cabean alay disekitarnya, hahaha. oh ya pantainya cukup kotor, kurang bersih, cukup kecewa dengan biaya masuk perorang 3ribu. so, kita cukup foto2 tiga kali dan langsung cabut lagi.

menuju curug cikaso sekitar 1 jam perjalanan, kearah jalur pulang, namun berbelok kearah cikaso. menuju kesana naik perahu, 60rb buat berdelapan. cukup kecewa karna deket banget. sebenarnya bisa jalan kaki, tapi temen2 gw kagak mau, haha. curug nya bener2 keren, empat biji curug gede2 dampingan. sayang rada becek, fasilitas kamar mandi kurang nunjang. tapi curugnya bener2 gilaaaa! keren abis. tingginya kata bapak pemandunya 40meteran. deres banget, kayak berasa di ombak pantai. cipratan air terbang kemana2. udara sejuk abis walau ga di pegunungan.

kalo mw mandi ajib, tapi aman, ya mandi deket curug yang paling kecil di sebelah kiri. airnya tetep deres, tapi kita bisa bediri di sekitar curugnya. rasanya itu loh? kayak diguyur hujan tapi disirem ember segede gaban. jadi bikin nagih, walau pedih2 kayak kepukul. nyegerrriiiiiin abisss men! musti dicobain. sayangnya banyak sampah dari atas, berupa sampah kelapa yang udh tua, maupun sampah2 warga yang ga jelas. tp, overall ni curug aseeek abis!

how much money is needed?

perjalanan berakhir, sayangnya gw ga dapet pantai cipanarikan, maupun curug cigangsa yang juga katanya populer. Overall biaya yang dihabiskan sekitar 330 sampai 350 ribu sudah dengan budget makan enak kenyang, tiket masuk pantai, curug, lihat penyu; tiket tol, bensin, serta penginapan. sangat hemat dan bersahabat untuk mahasiswa maupun jalan2 keluarga.

how to get there?
menggunakan mobil bisa membuat perjalanan lebih hemat. kalo ga punya, bisa opsi sewa, namun dengan catatan orang yg berangkat sejumlah kapasitas full mobil, agar nyewa nya maksimal. sewa mobil samping pgc 350 untuk wiken, 300 untuk wikdey. perjalanan kesana malam hari hanya 6 hingga 7 jam. perjalanan pulang jika siang hari bisa 7 hingga 8 jam jika tidak terjebak di tol. Jalurnya ke arah pelabuhan ratu, gw lupa tolnya apa, googleMaps amatlah membantu untuk perjalanan seperti ini.

what to do?
banyak hal yang bisa didapet disana. mulai dari menikmati udara kebun teh. tracking pantai. berenang di pantai. makan ikan bakar. duduk nyantai di saung. piknik di atas rumput di pinggir pantai. main pasir. melihat pelepasan penyu. melihat penyu menetas. surfing. berenang di curug. relaksasi di air curug. dan mungkin kalian punya acara keluarga ataupun sekedar hangout main poker sama temen2 deket? *uang bisa dicari, tapi tidak dengan momen berharga*

review
overall walau pantainya dibawah ekspektasi gw. tp untuk paket all-in-one itu udah murah banget. nekadtramper-an bareng temen2 bisa hemat banget. makan, penginapan serba murah meriah. nikmatin alam yang ijo2 sambil mendekat untuk mencintai penyu2 yang lucu2. kalo untuk nilainya gw kasih 8 dari 10. pantai, curug, kebun teh bisa jadi destinasi hemat cepat di akhir pekan. musti di coba!

Komentarin aja

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s