Referensi Travelling Bogor : Curug Naga

Curug Naga, relaksasi mencari ketenangan air bersama keluarga

hello nekadtramper. kali ini referensi traveling gw ialah mengenai salah satu curug di daerah bogor. Curug Naga. nama yang cukup lucu, karna guyonan naga yg lg hits di kampus, kisah mengenai permintaan penempatan yang tidak realistis dan seekor naga, hahaha. ok lupakan.

tp ini ga ada hubungan nya dengan itu. curug naga, terletak di Desa Citamiang – Paseban, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, suasana curug ini benar epic dan dingin abis, bikin tidur nyenyak dan malas geraak. nyamanin dan sepi abiss.

Untuk bisa sampai ke tempat ini kita harus river treking atw menyusuri sungai sepanjang 100 meter. melewati beberapa arus sungai, bukit2, lalu meloncati bukit sekitar 3 meter.

Setelah loncat dari tebing, kita bisa berenang di sungai sampai menuju air terjun. Air nya jernih tapi dingin vanget vroo. Batu-batuan di dasar sungai kelihatan jelas kalo musim kemarau, kalo penghujan air rada hijau. nuansa mendung2 sekitar jadi membuat suasana dingin. sekitarnya ada pjnus dan lumut2 hijau di pinggiran batu.
Semakin mendekat kita ke arah air terjun, air sungai semakin dalam. airnya juga cukup deras. di sini. diwajibkan menggunakan rompi pelampung supaya lebih aman.
Di Curug Naga ini, sering juga digunakan untuk outbond. tempatnya tidak seterkenal dan seramai Curug Cilember yang ada di sekitar Bogor juga, tapi justru membuat pengunjung lebih menikmati tempat yang agak sepi seperti ini.

jika ingin ke tempat ini jangan lupa membawa jaket serta selimut karna udara cukup dingin. kaos kaki, sarung tangan, serta kupluk bisa jadi opsi juga untuk menambah kehangatan badan. berhati2lah karna udara disini bisa membuat hipotermia bagi yang tidak biasa. selain itu bawa juga sandal treking untuk perjalanan, kamera underwater/tahan air untuk mengambil foto didekat air terjun, serta lilin atw lampu emergency untuk kegiatan di malam hari.

getting there:

Curug Naga berada di daerah Ciawi Bogor, lumayan cukup jauh dan perjalanan yang lumayan melelahkan, karna melewati jalanan yang jelek. Perjalanan gw yang lalu menggunakan kereta lalu carter angkot di stasiun.
KRL : Jakarta (tebet) ke Bogor : 7000
Sewa Angkot ke Curug Naga : 300ribu (normal)
Saran nya lebih baik tanyakan dahulu tujuan dengan pasti karna banyak supir2 nakal yang melempar2 penumpang dari satu angkot ke angkot lain. Hati2 banyak calo. sebaiknya naik angkot tmpt angkot yang biru dahulu, baru menyewa dari sana.

where to stay:

Di Curug Naga sebaiknya kita menginap, mengingat perjalanan yang cukup jauh, dan nuansa desa megamendung yang menyejukkan yang sayang sekali jika melewatkan bermalam disana. Untuk menginap ada beberapa opsi. Opsi Pertama menyewa doom atw semacam saung. harganya cukup variatif. untuk harganya gw kurang tw, karna temen yang mesen waktu itu. tempatnya berupa saung2 yg tertutup, ada beberapa kamar mandi luar, serta ada saung besar tempat berkumpul. disediakan juga oleh pengelolanya paket makan. selain itu juga ada paket genset serta api unggun.

Opsi kedua ialah dengan mendirikan tenda. menurut gw bertenda menjadi alternatif yang seru untuk acara kumpul teman maupun keluarga. selain lebih berhemat, kita bisa lebih mengatur acara yang dibuat.

what to do:

tracking menuju curug, mandi di sungai kecil, berfoto di curug, lompat dan bermain air di sungai, barbeque, serta menikmati nuansa dingin nya desa mega mendung.

review:

jika harus direview, curug naga nilainya 6,5. fasilitas yg kurang lengkap disini. kamar mandi yang kurang nyaman (berdinding terpal), serta listrik yang harus menyewa lagi jika ingin ada lampu. jalanan menuju destinasi pun cukup jelek. namun, tempat nya cukup asik untuk liburan keluarga dengan waktu pendek (2h1m) karna sejuk dan bersih serta tidak terlalu jauh dari jakarta.

Happy Travelling Nekadtramper

Komentarin aja

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s