Trip 3 ranah jawa (part3)

Part 3 : menghindari ke-malang-an dan bersembunyi dibalik batu

ketika gw menulis ini, gw merasa sendiri untuk ngerjain apapun *play : kunto aji*

trip belum berakhir men, ranah ke 3 pulau jawa belum kita lewati. jawa timur. tujuan selanjutnya malang, kediaman temen gw, sebut saja dia ‘so nice people’. keluarga nya baik banget dah nerima kita yg orang2 gajelas, yg secara tiba2 mw berkunjung ke rumahnya. *terimakasih banyak keluarga sonice*

karna targetnya ke malang, maka dari borubudur yang terlanjur kemaleman, kita musti cari bus ke jogja. nah sebenarnya trip ini juga ngelewatin kota gudeg itu, tapikan kita ga jalan2 disana.

dari borobudur naik bus ke jembar 15k, rada mahal dari biasanya karna ga kebagian bus lg, terpaksa naik. dari terminal sebelah barat, kita harus menuju terminal sebelah timurnya. cara terhematnya ialah naik trans jogja!

transjogja tu hemat dan murah, cuma 3k, kita udah bisa ngelilingin kota jogja. lumayan semacam tur gratisan menuju terminal, jadi ngelewatin kawasan malioboro, benteng van apa gitu, museum dan lain2. jadi hemat dan asseek banget men. cuma kurangnya kita rada nunggu 10sampe 15menitan lah.

di terminal, karna sudah malam, ada beberapa bus tujuan malang. tersisa bus executive yang bujet nya 100k perorang ke malang.

nah ini tips nekadtramper yang penting menurut gw, habiskan malam di perjalanan, nah maksudnya kita berhemat tanpa penginapan dengan terus melakukan perjalanan malam seperti bus atw kereta. kalo mw trip hemat, kita musti gitu. hal ini bisa menghemat 50 hingga 100k perorang didalam tim. apalagi kalo sendiri, bisa hemat 100 sampe 250k tanpa hostel or motel. agar tetap beristirahat dengan nyaman, cari lah kendaraan yang kelasnya bisnis atw executive yang bisa bikin istirahat lumayan. nah kayak bus yg td itu ac, dapat makan, ada selimutnya, jadi ga perlu khawatir akan perjalanan malam.

sampe di arjosari, malang, pagi hari pukul setengah 6. oh ya hati2 di arjosari banyak calo ga jelas. sarannya kalo mw naik angkot dengan cepat yakni ke pintu keluar terminal langsung, jangan naik angkot yang ngetem, kamu bakal di php ini buat nunggu penumpang, bisa makan waktu 2jam loh. cost angkot standar 3k jauh dekat.

tips nekadtramper lagi, cari teman daerah tujuan wisata kita. alesan pertama ialah tempat bersilaturahmi *subhanallah ya, lg bener gw*, itung2 kamu makin deket sama keluarga temen. itung2 makan gratis karna dijamu. itung2 bisa nginap gratis kalo boleh. itung2 bisa dapet guide gratis. yang penting sih yg terakhir, guidance atw petunjuk. karna buat kamu yg pertama kali travelling ke daerah itu musti kenal atw memahami target wisata. kamu bisa tanya tempat2 yg emang wajib dikunjungi, makanan yg khas dan enak, tmpt penyewaan motor, dan lainnya. jadi banyak temen tu guna banget loh buat traveller.

dari pengalaman gw, pernah dijamu di gunung kidul, solo, dan malang, semua membuat trip jauh lebih hemat. dan jangan lupa ada saatnya kita juga yg akan menjamu temen saat ngetrip ke daerah kita.

oh ya nyampe di malang, ternyata malang tu gede men, kota banget. rada ruwet karna banyak jalar one way yg baru dicobain, jadi kalo ngetrip pake motor usahain tanya dulu. malang tu sama macetnya kayak jakarta atw surabaya, cuma enaknya cewe malang tu cantik2 men hahaha.

malang itu kota bakso men, kan banyak tu bakso malang yg beredar di kota lain. orang malang juga ramah2 men, mereka suka balikin kata2 gitu. kera ngalam! menurut gw malang tu kota wisata banget, banyak banget destinasi wisatanya. selain itu nuansa kota nya yg gemerlap lampu di malam hari, malang juga kota bola banget, persema dan arema yg bersemayam disana. dan banyak banget fanatik ama si ongis nade.

malamnya gw ama pelancong2, berangkat ke batu, sekitar 45menit. batu itu kayak kota bogor nya malang. jadi orang malang kalo mau dingin2an ya ke batu. batu itu dinginnya adem2 gitu, yg musti dicobain disana itu Batu night spektakuler (BNS) nya, jatim park2,  dan musium angkutnya. untuk yang terakhir semacam museum madam tusso di belanda, semacam musium modern yang banyak miniatur kota besar di berbagai dunia. salah satu musium baru yang keren di indonesia. sayang kita ga nyobain. (musium angkut 50k)

kalo BNS tu kayak dufan nya batu. cuma wahananya malam2. dan epic nya disana penuh lampu kerlap kerlip, lampion2, jadi tempatnya romance gitu. sayang gw bawa lontong2an semua, jadi serua2an aja diantara muda mudi batu yg lagi wikenan. masuknya 20k wikdey, 25k wiken.

oh ya sewa motor di malang tu kira sekitar 60 atw 65k. tp kalo punya temen mahasiswa disana bisa dapet 40 atw 45. motor matik lebih mahal goceng. oh ya kalo mesen tenda sekitar 30k perhari.

kita sanpe di alun2 batu sekitar jam 11 malem, gatau harus nginap dimana. rencana nya mau nginep di alun2. tp sirna, gila ajee alun2 kota batu tu rame dan kayak taman hiburan gitu, ada bianglala nya yang bisa ngeliat seluruhnya batu.

karna no opsi, kita coba cari masjid yg bisa safe dan lumayan nyaman. nah nih tips nekadtramper nya lagi. bawalah gps selalu. i mean not real gps, tp gps hape cukup. apalagi google maps.

gugelmaps tu keren coy, dia tu kayak sahabat backpacker banget. dia tw apa yg kita inginkan, mulai dari tempat wisata, tempat nginap gratis, tempat makan enak, dan lain2. i lop yu gugelmaps.

kita searching masjid, dan gugelmaps menuntun kita. setelah beberapa kali mencari akhirnya nemu masjid yang lumayan, ada parkiran dalem. dan pintu nya kebuka, ada karpetnya. oh nice place for nap, with freeprice. oh ya batu tu lumayan dingin jam2 dua atw tiga an, jadi disaranin kalo mw hidup kyak gini ya bawa selimut atw sleepingbag.

pagi nya kita ngetrip ke coban rondo, grojogan sewu, dan waduk selorejo. coban rondo tu lumayan jauh dari kota batu, sekitar 45mnt hingga 1 jam. masuk sana 15k perorang. coban rondo itu wahana rekreasi alam gitu. nuansa nya dingin pohon2 pinus, jadi bisa juga buat ngecamp. disana banyak wisata mulai dari atv, paintball, labirin, outbond, flying fox, dll. coban ny sendiri air terjun sekitar 30meteran kali, gw ga sempet ngitung sih, lumayan tinggi kayaknya, coba aja gugling.

coban rondo pas kemarau gini airnya cemen, dikit banget, kayak pancuran, tp kalo musim hujan katanya lebih mantep dan lebih keliatan air terjun nya.

lanjut tujuan berikutnya waduk solorejo. perjalanan kesana epic banget cuy, apalagi naik motor. mangstap banget pohon2 nya, bambu2nya, dan ada aliran sungai disamping jalannya.

sebenarnya ada grojogan sewu searah perjalanan ke waduk. semacam air terjun gratis gitu yang lumayan bagus katanya. tapi sayang nya kelewatan, jadi ga sempet singgah.

setelah 2jam, setibanya di waduk solorejo, masuknya 12k perorang. menurut gw wadukny biasa aja. ntah temen2 pada ga napsu buat masuk kawasan wisatanya, ujung2nya kita malah berkunjung di dam nya. lumayan bisa liat gunung argopuro yang gagah. kalo kata temen gw yg disana, waduknya ga bagus lagi setelah kelud meletus, jd keindahan nya berkurang.

nah karna mw ke pulau sempu nati sorenya, maka kita segera pulang ke malang. oh ya di batu jangan lupa cicipin susu ya, karna katanya susu tu khas batu banget. enak loh susu susunya. nyegerin, putih2 gitu, ngegemesin rasanya. *hedeh salah fokus*. maksud ane susu beneran, terutama yang di KUD batu. jadi susu murni gitu, langsung dari sumberrrnya. hemmmhh gimana ga ngilerrin tuh, hehe.

review for malang : malang tu asik banget. cool destination. makanan nya enak2, terutama baso. cewe2 kampus nya cantik2 men. sewa motor murah, angkot murah. penginapan jg murah meriah. banyak spot destinasi wisata, mw yang gunung kayak bromo atw semeru, atw pulau sempu dan pantai, atw kayak wahana bermain kayak BNS dan jatimpark, semua ada. orang malang ramah2. overall malang tu pecahhh abiss! kota yang wajib dikunjungi!

Komentarin aja

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s