Trip 3 ranah jawa (part2)

part 2 dieng : dataran tinggi perwayangan jawa, dan borobudur
Ketika gw menulis ini, gw sedang bertamu di rumah kerabat di Malang.

Selasa 23sept pukul 6 pagi, kami tiba di dieng, keindahan perbukitan di dieng memang tiada tahan, luar biasa. Dibentuk oleh permukaan yg berbukit2, hampir seluruh lahan yang melingkari jalan diisi oleh cocok tanam masyarakat dieng. Udara terasa dingin, 14 derajat terlihat di  smartphone gw.
Kontur jalananya berliku2, menanjak, namun mempesona mata dengan pemandangan sekitarnya.

Kami turun di pertigaan bu jono, pertigaan utama pusat dt. dieng. 30menit berputar2 mencari penginapan, dan bertanya sana sini, kami dapatkan penginapan yg cukup nyaman dan murah. 150rb perhari, boleh diisi berlima. Penginapan dwarawati. Penginapan ini terselip dibalik penginapan lainya, dipojok jalan dekat tourist center. Pemilikny baik, ada kamar mandi air hangat, dan minuman panas yg disediakan tiap pagi maupun malam. Anak yg menjaga pun jg baik, kami dibantu untuk meminjam motor tukang ojek dsekitar sana.
2motor yg kami sewa seharga 100k perhari. Ckup menyewa 2 hari, gw pkir semua objek disana bisa dikunjungi.

pertama yang perlu dilakukan ialah mencari peta objek wisata di dieng, karna dieng punya byak objek yang bisa dikunjungi mulai dari curug, kawah, candi, hingga puncak sikunir dan mt. prau.
destinasi awal yang dikunjungi ialah komplek candi arjuna, terdekat dari penginapan. cukup menarik, ada beberapa candi disana, view nya menarik karna terletak ditengah2, sekeliling nya dihiasi pohon cemara yang menarik untuk foto2. keluar dari pintu berlawanan akan ada candi gatotkaca dan museum dieng.
lalu dari sana, 300meter kiri museum ada candi bima, dari sana terlihat pintu masuk kawah sikidang, yang panas dan berasap-asap. kawah nya sekitar setengah lapangan  futsal.

bagi yang mw mengejar sunrise di sikunir, tips nya agar esok bisa melihat sikunir dengan jelas, coba lakukan survei awal untuk mengecek jalan kesana agar tidak tersesat ketika mengejar sunrise nya. ketika weekday, kalian bisa berangkat pukul 4 pagi karena tdk terlalu ramai seperti halnya weekend.

selepas dari sikunir kita ke wahana telaga warna, itu semacam komplek wisata gitu, jadi selain ada telaga ada beberapa goa dan padang2 rumput gitu yg lumayan banget buat foto2, serasa di savannah afrikans gitu hehe. biaya masuknya cuma 5k buat wisatawan lokal. waktu kita datang kebetulan lagi ada ibadah umat hindu gitu, jadi ga bisa masuk goa. tp overall tempatnya epic banget buat foto2, karena ada nuansa alam, danau, rumput2 tinggi gitu, its rekomended buat foto2 wedding broo.

sepulangnya karna kesorean, kita batal ke gunung prau, jadi dicancel. tp gw rekomendasiin kalian buat kesana, karna nuansa nya kayak bromo2 gitu, tp dengan cost yg lebih hemat.
sore ny kita istirahat, karna nuansa nya dingin2 semriwing kayak lemari es, jadinya bikin mager kemana mana, nw nya selimutan. nuansa 15 derajat brooo.

esok harinya, subuh jam setengah 3 bangun, setengah enggan, karna dingin nya musim kemarau gini, rasanya mampus2 brooo. berangkatlah ke kaki bukit sikunir, memakan waktu 20 menit dengan hembusan angin gunung yang azeegilee. sampe disana udh ada beberapa warung yang jual kupluk atw sarung tangan, oh ya biaya masuknya 5k lg. naik ke bukit nya ga tralu lama setengah jam an lah. dari bukitnya bakal kedengar sayup2 azan subuh dan kelip2 lampu perumahan warga dieng, dan plus pemandangan langit dieng yang pecaaah abiss.
oh ya saran, kalo bisa bawa termos dan kopi, biar bisa ngopi2 asoy di bukit, plus jangan lupa bawa sunblock karna sunrise bakal bakarr wajah kalian. *faktanya kita ga bawa sunrise dan berlama2 hingga pukul 9, dan 3 hari pertama wajah pedih2, dan baru hilang hitamny 2 minggu kemudian.

oh ya gw sempet buat timelapse sunrise tp kayakny kurang wow, karna pake hape, yoweslah, tp lumayan lahh.
oh ya pas turun dr bukit sikunir ada view yg mantep, jadi jangan buru2, menjelang 300mtr lg kebawah, pas telaga deket sana keliatan, wah itu bagus banget buat foto, kayak lukisan2 gitu. dari sana wajib ngopi2 dan makan gorengan yang panas dulu, biar badan anget lagi kalo mw kemana2.
dari sana kita ke bukit view telaga warna, nah sebenernya tempat inilah yang keren buat foto telaga warna. view nya juga mantep abiss bro. cuma rada ekstrim, jadi hati2 buat nyang foto2 apalagi selfian, karna anginnya kenceng kalo kepleset dikit bisa ngejungkang kebawah. oh ya cost masukny 5k, posisinya deket teater dieng.
darisana kita ngecrot lg, ke tmpt lain, ada candi dwarawati, itu gratis. lalu ada sumur jalatunda disebelah barat pusat dieng. sumur yg dalemnya 130mtr, sekali lagi masuknya 5k. dari sana kita ke kawah sileri, ini kayaknya gratis, tp ga tw jg karna pas kita lewat di pintu masuk ga ada yg jaga, haha.

sore hari kita coba cari bukit2an buat ngeliat sunset, nah hasilnya lumayan dari beberapa info dr warga ada jalan aspal yang kalo nongkrong dipinggir nya bisa liat sunset darisana. wuih lumayan pemandangannya asoy2 berkabut menjelang magrib gitu. ternyata semua sudut dari dieng emang keren meen, dinginnya, mataharinya, kawah2, dan awan2nya, emang ajibb banget vroooh.

oh ya gw lupa kasih tw, sebelum menuju bukit sikunir ada desa tertinggi di pulau jawa. lupa nama desanya, coba aja gugling sendiri, wahaha.

review for dataran tinggi dieng. awesome trip. banyak spot, dan beragam. akses kesana rada njlimet kalo backpackeran karna kudu pindah2 angkot buat sampe. midcost budget buat 2orang, kalo mw lowcost kudu rame2 sekitar 5-10orang. sewa penginapan dan kendaraan cukup mahal menurut gw, bisa dapet murah kalo rame2 dan jago nego. pemandangannya amajing! pecah bingitt! so many potoshoot spot!. makanan juga terjangkau. orangnya ramah gitu, kayaknya rada pendiem2. kurangnya ya tiap spot kudu bayar trus, coba kalo ada tiket trusan yang bisa kasih masuk semua wisata, its more good. fasilitas : banyak atm, jalan bagus, banyak tmpt makan. datanglah waktu kemarau, biar lu rasain dinginnya dieng yang full ac abiss. nyari yang ngademin otaklu, berlibur kesini! dijamin beku meen!

*foto menyusul, karna kesulitan uploud

Komentarin aja

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s