Trip 3 ranah jawa (part1)

part1 pangandaran : tanah hijau orang sunda.
hello guyss, ketika gw menulis ini, gw sedang menikmati perjalanan ditengah dinginnya dataran tinggi dieng, menikmati blogging ditengah temen2 gw yang tertidur sehabis lelah nya perjalanan dari pangandaran.
beberapa bulan lalu perjalanan ini sudah diplanning. trip besar menjelajah 3 provinsi besar. jawa barat, jawa tengah, jawa timur spesifiknya pangandaran, dieng, malang. perjalanan ini baru saja dimulai.

bermula hari minggu (22 sept) malam pukul 20, kita berlima (gw, rengga, akbar, reza, jali) memulai perjalanan dr busway ke kp rambutan. destinasi awal ialah pangandaran yang terkenal akan green canyon serta pantai-pantai cantik khas selatan jawa.
tujuan utama perjalanan ialah green canyon. menaiki bus malam seharga 85k dr terminal rambutan, kami tiba di terminal banjar pukul 4.50 senin dinihari. sengaja memilih perjalanan minggu malam, karna berlawan arus dengan yang akan pulang dari sana, jadi tempat2 wisata akan sepi.
dari terminal banjar, pindah naik bus ke pangandaran lalu ke cijulang seharga 8k, lalu pindah menyewa angkot pak nono ke basecamp green canyon dengan biaya 10k perorang.
menuju green canyon, kami diantar ke basecamp xali-xali (bacanya keles keles), penyedia layanan wisatanya. disana ada beberapa wisata yg bisa didapat selain bodyrafting di green canyon sendiri, yakni susur sungai citumang, pantai madasari, batu karas, batu hiu dan tentunya pantai pangandaran. namun rekomendasi pantainya nya ialah pantai madasari yang cantik sunset dan bisa dibuat surfing, serta batu karas yang bisa berenang di pantainya.

body rafting di green canyon sendiri seharga 200rb perorang (hasil tawar menawar). lama body rafting disana sekitar 5jam, 4 jam untuk susur sungainya, lalu sisanya 1jam naik kapal diakhir trip. pemandangan bebatuan selama menyusuri sungai nya menjubkan, beberapa kali ada gua-gua cantik terlihat disisi sungai. kami datang disaat kemarau  di pagi hari, view foto jadi lebih baik, disarankan untuk datang ketika saat kemarau untuk view yang baik, namun rafting nya sendiri kurang menantang kata bapaknya, arusnya tidak terlalu kencang. namun disaat musim penghujan arus lebih deras, adrenalin semakin tertantang namun foto yang dihasilkan juga kurang baik karena warna air nya tidak hijau.
saran lain juga datang lah dihari selain libur dan weekend, karna pengunjung bisa sangat ramai. kemarin kami datang hari senin, jadi rasanya cuma kami dan beberapa orang yang ikut bodyrafting. di hari libur pengunjung akan dibatasi sampai 80 orang. oh ya datanglah lebih pagi karna trip bodyrafting hya tersedia sampe pukul 1siang. saat rafting pengunjung akan ditantang loncat dispot loncat air yang menegangkan, mulai dari yang 3, 5, hingga 8meter. melelahkan, namun sangat seru. patut dicoba bagi yang suka olahraga ekstrim di air. selain pemandangan air hijau, tetesan air dari tubir tubirnya, dedaun hijau serta celah celah cahaya matahari yang mengintip dari bebatuan menambah kekhasan dan cantiknya pemandang di sepanjang green canyon. setelah lelah 4 jam menyusuri sungai, selanjutnya keluar dari lubang akan dijemput oleh kapal rescue. selanjutnya menikmati alam disisa perjalanan dengan kapal. terlihat sungai sangat terjaga kebersihannya oleh warga disana, jadi tidak terlalu banyak sampah.
*paket tersebut sudah termasuk makan setelah rafting

selepas beristirahat di basecamp green canyon (15.00), kami melanjutkan perjalanan selanjutnya untuk menuju dieng. dijemput oleh angkot yang tadi, kami meminta untuk melewati pantai batu hiu untuk berfoto sebentar. pantai nya cukup bagus, sudah tertata rapi, ada mulut hiu dipintu masuknya. pantai ini termasuk pantai wisata pemandangan untuk keluarga, karena sekitarnya bisa duduk menikmati ombak keras dan tinggi dipantai tersebut.

lepas dari sana (17.30) diantar ke terminal pangandaran dengan biaya 20k perorang. lalu melanjutkan perjalanan naik bus ke terminal  banjarsari (20k). ketika itu hari sudah cukup malam, pukul sepuluh, jadi tidak ada bus yang dapat langsung ke wonosobo. kami terpaksa harus berpindah2 bus untuk menuju kesana. dari terminal banjarsari ke purwokerto seharga 35k, tiba pukul 01.00. lalu lanjut ke terminal wonosobo. keneknya menurunkan kami di dekat bus yang juga menuju ke karangkobar (10k), ketika itu bus berangkat pukul 04.30. tiba di karangkobar, lanjut lagi pindah bus di terminal menuju batur (8k), lalu berpindah lagi ke bus yang menuju dieng.

perjalanan di dieng akan diceritakan dipart selanjutnya, karena gw lagi di dieng saat ini buat travelling, hehe. okelah sekian dulu, saran terakhir dari gw jangan segan2 untuk bertanya serta mendekatkan diri dengan tukang angkot, maupun kenek di bus. karna akan ada info2 segar dan berguna mengenai perjalanan di sekitar sana yang bisa didapat dari mereka. tentunya sebagai bakckpaker hemat gw juga berpesan untuk jangan segan menawar harga, tentunya perjalanan yang murah bisa membuat kantong lebih enak untuk perjalanan selanjutnya .

review for pangandaran. nice trip. many spot. easy access dari jakarta, low budget. seru. makanan juga lumayan terjangkau. orangnya ramah2 dan lucu. fasilitas : banyak atm, jalan bagus. jangan datang saat weekend jika ingin menikmati alam green canyon. patut dicoba untuk berlibur!

*foto menyusul, karna kesulitan uploud