Tips membuat presentasi menarik

presentasi, presentasi dan presentasi. semakin tua kamu di kampus, semakin banyak presentasi yang akan kamu buat dan akan kamu tampilin. ya itu terjadi di gw. tingkat 3 lalu semester lima dan enam, penuh akan kelas presentasi. sehingga gw berfikir bahwa lebih baik maksimal di presentasi dibandingkan  maksimal di paper atau makalah yang dibuat. Itu terjadi di gw. semua anak kelas gw, tahu bahwa gw lah, si maksimal powerpoint. makalah boleh jelek, tapi presentasi tidak.

beberapa waktu lalu ketika deadline sebuah makalah di esok hari, dan gw dan teman2 ‘menarik’ gw terus berkutat ketawa2 dan mengerjakan makalah yang harus ditampilkan besok dengan ngelantur. gw hanya berfikir satu hal, buat lah presentasi yang menarik agar dosen tahu materi itu sebenarnya menarik. faktanya begitu! gw maksimalkan presentasi, gw pura2 paham semua yang ditampilkan. walau makalah nya ancur abis, tapi hasilnya dosen terpukau, karna menganggap presentasi gw dan temen gw tampilin menarik. padahal kalo menilik ke isi makalahnya, semua nol besar, yang kita bicarain itu asal dan bullshit semua, hahaha.

tiga tugas yang hampir sama, membuat makalah lalu mempresentasikannya juga gw perlakukan serupa. hasilnya.. mmhh, meyakinkan, hehehe. sekali lagi gw diselamatkan oleh tampilan presentasi powerpoint yang menarik, padahal hari itu tidak ada yang siap untuk menjelaskan. baca makalah saja tidak, karna makalah itu hasil comot2 dari berbagai sumber, untuk diolah beberapa orang. jadi hanya beberapa orang yang paham isinya. tapi menakjubkan, dosen terpukau, sekali lagi, karna kita mencoba berimprovisasi masing2 terhadap bagian2 slide yang harus dijelaskan dalam 5 menit terakhir.

makanya gw berfikir lebih baik buat presentasi menarik daripada makalah menarik. itu cuma pendapat gw yee. karna kebanyakan temen2 gw yg expert2 dan punya materi makalah yang dewa2 ternyata ga bakal diperatiin juga kalo presentasinya jelek, dan ga menarik. orang2 akan bosan, apalagi jika materinya berat. lama2 kelamaan mengantuk, dan hanya bertepuk tangan diakhir, *ikut2an yang lain.

so, kali ini gw coba buat rangkuman tips dan trik untuk membuat presentasi yang menarik berdasarkan pengalaman gw di lapangan, hohoho…

don’t too much content

kesalahan fatal pertama, ialah banyaknya slide dalam suatu file. itu membosankan meeen.. kamu ga mw kan orang2 pada tidur, gara2 lihat slide ga menarik, banyak tulisan, lama penjelasan, dan ternyata slide nya bejibun banyaknya. itu terjadi pas gw kuliah, salah satu dosen punya koleksi slide, yang azzzeegilleee mampus banyaknye. jadi tiap ujian ngorbanin cukup uang buat fotocopy segitu banyak slide, padahal materi yang keluar ga ada sama sekali. God help me!

banyak juga terjadi di dunia mahasiswa yang mengerjakan makalah, lalu disuruh buat slide yg mw dipresentasiin. faktanya banyak nya orang tidak sadar, presentasi bukanlah makalah di powerpoint. its shit men, kalo kamu cuma mindain makalah seabreg itu dari word ke powerpoint.

jangan tralu banyak konten dalam satu halaman presentasi, masukkan hal-hal yang memang menjelaskan bagian2 dari presentasi. gunakan point penting saja berupa kalimat pendek. terlalu banyak tulisan membuat presentasi kamu menjemukan. buat halaman presentasi kamu seminimal mungkin. dalam satu halaman usahakan kurang dari 15 kata.

keep it simple and easy to look

tahukah kamu??? bahwa tiap orang bakal jijik ngeliat presentasi yang norak karna full animasi *itu kenakan banget men*, atau warna slide yg nyakitin mata gara pake warna yang saling kontras (background biru, warna font kuning) atau warna saling redup, atau slide yg pake font kecil2 banget (woy! lu kerjasama bareng optik ya untuk ni presentasi!),  .  mungkin tujuan orang2 yang buat ini memang sengaja dibuat agar orang2 yg ngeliat kesel, sakit mata, mungkin dalam hatinya “mampus lu, tuh liat presentasi gw!”, hahaha.

jangan gunakan font-font yg jadul seperti times new roman, comic sans dan lain2. jangan gunakan font2 serif, seperti times new roman, font2 bertangkai seperti itu tidak cocok untuk desain presentasi, jadi coba cari font2 sans serif, sehingga tampak tegas, dan jelas. carilah font yg tegas (emphasis). banyak tersedia font2 free yang menarik dan bagus. saya rekomendasikan aplikasi SkyFont untuk mencari font2 di google font dan situs2 font lain.

#tips juga, kamu juga bisa menggunakan tipografi untuk membuat halaman presentasi jauh lebih menarik, silahkan gugling untuk penjelasan mengenai tipografi lebih lanjut.

untuk padu padan warna atau color scheme, kamu bisa melakukan banyak kolaborasi warna yang pas, jadi tidak merusak mata pembaca karna warna yang saling bertabrakan. bisa juga gunakan color picker untuk memilih warna2 nya. cukup ketikkan color scheme atau color picker di gugel, akan banyak tersedia padu padan warna yang bisa menarik untuk digunakan di presentasi kita.

semakin simple sebenarnya semakin enak untuk dilihat. semakin banyak font, warna, ataupun background yang digunakan, maka akan semakin terlihat norak dan jelek. sebaiknya gunakan seperlunya. jangan lupa sisakan white space / ruang kosong di tiap slide. hal itu membuat orang akan lebih fokus. 

use relevant graph and image for interactive desain

kalo kata orang2 sono a picture is worth a thousand word, sebuah gambar lebih bermakna dari seribu kata. yup bener banget, menurut gw maksimalkan gambar, dan kurangi text. terkadang orang2 malas membaca, jadi menampilkan gambar yang sesuai atau grafik bisa membuat presentasi jauh lebih menarik. tapi jangan gunakan terlalu banyak gambar dalam satu slide, karna membuat orang2 akan bingung.

sebuah presentasi juga bisa disamakan seperti infografis, bagaimana membuat orang memahami apa yang kamu jelaskan. jadi semakin sedikit tulisan, dan semakin bermakna gambar tentunya menghasilkan presentasi yang lebih baik. 

Untitled

gunakanlah gambar yang menarik, high resolution, serta menggambarkan sesuai yang dipresentasikan. biasanya orang-orang membuat gambarnya menjadi background atau full image. nah bagi yang membuat full image background jangn lupa untuk memperhatikan contrast warnanya, apabila fotonya gelap, maka untuk font nya bisa diberi warna terang. sementara jika foto nya terang, maka fontnya bisa diberi warna gelap. biasanya cari foto yang masih ada space kosong untuk menuliskan sedikit teks disana. untuk foto yang terlalu rame, sehingga tidak ada space kosongnya, kita bisa membuat semi transparent background berupa kotak, lalu di transparansi 50% dan diberi warna mendekati warna background. 

kamu bisa cari foto2 yang free di flickr, ataupun search di gugel dengan preferensi high quality images. kualitas gambar yang bagus menjadi daya tarik presentasi tersendiri. oh ya, ga semua butuh gambar, jadi balik lagi ke tips sebelumnya tetaplah simple.

tips terakhir ialah dont be afraid to break the rules, jadi jangan takut2 mencoba hal baru untuk ditampilkan. buatlah sekreatif dan semenarik mungkin. dan… satu hal yang perlu diketahui di dunia presentasi, berlaku a book is judge by it’s cover. jadi buatlah tampilan presentasi yang menarik agar orang2 tertarik untuk melihat kamu.

lalu bagaimana agar presentasi yang kamu lakukan berhasil?

pertama buatlah powerpointnya jadi pdf. banyak kesalahan orang2 bahwa menganggap fileny bisa berjalan tanpa kesalahan di komputer yg akan digunakan. padahal mungkin saja fileny eror karna tidak kompatible dari ms powerpoint 2013 ke 2010, atw font2 nya tidak terbaca atau gambar2 yang didalamnya menghilang. mungkin saja. jadi amannya buatlah filenya jadi pdf, sehingga ia akan menjadi file fix, yang tidak bisa diubah2.

kedua, jangan pernah membaca presentasi yang ditampilkan. itu membuat kamu tampak bodoh dan tidak paham apa yang sedang dipresentasikan. membaca disini yakni benar2 membaca semua isi nya. kalau melihat dan menerangkan poin2 yang ada di slide its fine. jadi maksimalkan presentasi dengan banyak menjelaskan bukan membaca.

lalu banyaklah berbicara untuk menjelaskan tiap2 point nya. agar orang lain fokus terhadap apa yang dibicarakan. buatlah bahwa yang kamu bicarakan lebih menjelaskan dari slide yang ditampilkan. slide hanya lah pendukung. bahkan kata steve jobs, good presentator didn’t need a power point, hmm

terakhir buatlah audiens tertarik dengan apa yang kamu sampaikan, ajak bicara, sapalah audiens, maupun tawarkan untuk bertanya, serta selingi dengan beberapa jokes. 

yakinlah terhadap apa yang anda katakan, buat anda seolah2 lebih pintar dan lebih tahu dari orang2 yang mendengarkan anda. keraguan hanyalah membuat anda tampak semakin bodoh dan tidak mengerti apa yang anda sampaikan.

 


salah satu presentasi buatan gw.. menggabungkan desain background gambar yang digelapkan memakai grayscal, backgroundnya dibuat di master-slide. lalu membuat kotak kecil ditengah sebagai isian konten. karna backgroundny gelap, sehingga pilihan warna fontnya putih, jadi kesannya flat retro. lalu font nya hanya satu jenis. hal2 yang penting dibold. posisi konten tulisan sengaja dibuat ditengah agar audiens menyimak dan fokus.

 

ini juga berdesain flat. font warna putih, belakangnya warna polos cerah. tiap background diatur sesuai gunanya. ada 5 warna yg digunakan. tambahan gambar pun dibuat seirama dengan flatnya.


Dan berikut beberapa referensi untuk belajar lebih banyak…

 

 

 

semoga tips yg gw berikan dapat bermanfaat. selamat membuat presentasi yang menarik! ganbatte!

One thought on “Tips membuat presentasi menarik

Komentarin aja

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s