#PKL53

Just share my momment on PKL53. annually momment for third grade collegian.

PKL itu momen tahunan bagi mahasiswa tingkat 3 disini. ya semacam momen tahunan lainya dalam tiap tingkat. Kayak tingkat satu yang ngerasa momen awal perkuliahan dan momen awal pembagaian IP. Momen ngelewatin yang namanya Drop Out disini. Tingkat dua, itu momen kuliah beneran kalo menurut gw, momen dimana efek fantastis kuliah penuh di minggu2 akhir, tugas akhir menumpuk, materi kuliah yang berat, tugas organisasi berjalan berdampingan di semester-semester 3 dan 4. Serta mungkin momen menikmati
kuliah dan momen menemukan teman2 yang cocok, hehehe. Momen2 ditingkat dualah yang menurut gw menguras tenaga, karna terlampau banyak nya, namun dijalani dengan santai.

Balik lagi ke PKL, ya itu momen tahunannya untuk periode ini. Kalo disini PKL jadi momen organisatoris dalam satu angkatan. momen kenal orang2 baru lagi selain yang di kelas, maupun yang memang pernah kenal di awal kuliah. PKL juga momen, momen untuk partisipasi, bahwa semua diberi kesempatan jadi bagian penting dalam setiap proses perjalanan nya kegiatan ini. PKL sendiri udah kayak event panjang dalam sebuah angkatan, berlangsung berbulan2, penuh perencanaan, pembagian tugas, dan tentunya punya
euforia tersendiri ketika dijalani di tahun tersebut.
*Prolog yang panjang buat ngomongin PKL.



Balik lagi ke PKL ny gw, tahun ini yang punya tema Potensi Usaha dan Pekerja di Sektor Informal di Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Tengah, dan Kabupaten Pringsewu. Dari judul, jelas udah njelimet, hehehe. Intinya ya pengen tahu banyak tentang sektor tenaga kerja yang tidak formal kayak petani, kenek bus, jualan warung, dan lain-lain. Momen inti PKL jelas baru saja berlalu, walau keseluruhan prosesnya belum usai. 19 april hingga 1 mei, kita ‘test-drive’ ilmu yang udah ada buat dipraktekin implementasinya langsung. Jelas semua ilmu yang dipelajari di semester sebelumnya ga kepake semua. Kalo menurut gw sendiri malah proses ini praktek bersosialisasi dan aksi langsung mengambil data dari masyarakat. Kasarnya ya pembuktian kalo kita udh sanggup atau belum buat terjun ke masyarakat sebagai pengambil data.

PKL diperiodekan dalam 3 periode. Pra PKL (Perencanaan), Proses PKL, Pasca PKL.

Pra-PKL
450 orang mahasiswa angkatan gw, dipecah2 dan dibagi tugas kedalam lima seksi utama. Kuesioner, Metodologi, Pengolahan, Analisis, serta Umum. Gw masuk dalam bagian terakhir. Orang2 yang punya daya kinerja tinggi, berada di balik layar, pengurusan hal2 bersifat teknis, dan tentunya punya periode kerja awal hingga akhir (bangga2in seksi sendiri :P). Tapi jelas, semua seksi punya andil yang sama besar walau beban kerja yang berbeda. Masuk sebagai juru teknis pubdok dalam PKL kali ini, tim dituntut lebih banyak kreatif untuk meramaikan hingar bingar PKL, pinter cari momen, dan siap sedia mengabadikan banyak momen. Sejauh ini tim pubdok yang menjadi siluet priview ny PKL dari dunia luar, buat ngeramein dan ngasih gambaran PKL, ngasih tema warna, menangkap momen2 berharga, hingga bikin identitas2 buat PKL.
(*Siluet Priview : gambaran umum dari publikasi yang menjelaskan eksistensi kegiatan secara kasat mata.)

Proses PKL.
Diawali dengan gambaran medan dimana akan melalui pencacahan, melakukan listing, pengambilan sample, dan proses pencacahan.

PKL menurut gw punya cerita tersendiri dalam diri masing2 orang. Unek2, cerita, kesusahan, kesenangan, dan semuanya jadi bagian pengalaman yang menarik. Proses yang gw suka dari keseluruhan perjalanan dan kebersamaannya. menikmati bersosialisasi dengan orang2 yang baru kita kenal. proses adaptasi dengan tempat baru. bercengkrama dengan bapak dan ibu penginapan. proses berdiplomasi dengan ketua RT, pak camat, mitra, maupun dosen. proses makan bersama dalam satu meja. proses memahami responden. proses menjelaskan siapa kita ketika ditolak responden. proses nginget2 konsep pas pelatihan petugas. proses disidak dosen yang bisa bikin keringet bercucur2 ditanyain ini itu. proses memancing pak camat biar diajak jalan2. proses ngecekin kuesioner berjam2. proses nginget responden yang mana. Proses ngejer2 responden. proses ngangguk2 sok ngerti yang diomongin responden. proses kehabisan bensin, nambal ban motor, hingga pulang kemaleman. proses jalan2 bareng. proses foto bersama.
dan tentunya proses ketawa bareng selama 12 hari bersama.

Desa Bandung Baru dan Waringinsari Timur, Kec Adiluwih, Pringsewu.
Gw kedapatan daerah desa, dengan jalanan onderleg berbatu2 yang belum diaspal. Hampir rata2 daerah Pringsewu punya medan yang sama. Bersawah-sawah, rumah-rumah khas pedesaan, kebon-kebon kopi, sawit, coklat. Ramah tamah orang desa. Jamuan kopi dikala pencacahan. Hingga budaya jawa yang sangat kental di daerah pringsewu, mulai dari bahasa, kebiasaan, dan tatakrama. Gambarannya, orang2 disana rata-rata bertani, baik jagung, padi, singkong, kopi, karet, kakao maupun sawit. Selain bertani,
beberapa yang ga punya lahan jadi buruh serabutan. Sebagian lain punya usaha warung, ternak sapi/kambing, membuat batu bata. Pisang dan teh kayak jamuan wajib disana. Intinya ya orangnya ramah2 dan baik apalagi saat ada tamu. Buktinya salah satu tim pencacah gw selalu bawa pulang makanan tiap kali habis selesai listing.
*Desa ini punya view langit yang bagus di pagi hari dan sore hari.

Listing.
Listing mungkin jadi bagian awal yang melelahkan, karna musti datengin seluruh rumah dalam satu desa. proses tanya2 tetangga dan kadus pas responden pada ga di rumah. Nempelin stiker. Banyak hal2 yang tidak terprediksi saat listing. bisa jadi rumah yang dituju, pada pergi semua. Ada yang hanya pergi kerja ke ladang hingga sore hari, namun ada yang sekeluarga sedang pergi berbulan2 pada saat masa panen kopi.

Pencacahan dan Responden.
Pencacahan. Bagian ini yang unik. Kalo kata temen2 yang lain tu kita ngepoin keluarga orang, hehe. Nanyain keluarga, umur, pendapatan, kebiasaan kerja, dan banyak lagi. Responden yang ditemuin pun macem2. Ada yang lagi pulang dari ngerumput. Ada yang habis bersihin kandang sapi *pas nanya kita kepaksa nahan napas ampe 30menit mungkin. Ada yang enak pas ditanyain, ada yang agak sinis, dan sebagai nya. tapi secara kesuluhan.. itulah manusia. macem2 ga ada yang sama persis, hehehe.

Bonus
Bagian lain yang jadi proses namun tidak tercatat secara skematis maupun terjadwal yakni proses jalan2 bersama. ini ibarat kata bonus buat yang udah berlelah-lelah berhari-hari mengejar-ngejar responden. Sebagian mungkin ada yg udah selese duluan dan dapet bonus jalan lebih lama. tapi anak2 yang dari Pringsewu, jalan2 bareng ke pantai Mutun dan cari oleh2 bareng. Lumayan bisa liat pantai, makan bareng, foto2 dan ketawa bareng melepas lelah.😀

Koordinator TIM
Sebagai koordinator tim jelas punya tanggung jawab lebih banyak. mulai dari nyiapin yang teknis maupun yang urgen. hari pertama listing ngasih gambaran ke pencacah. Hari pertama listing udah banyak hal2 yg terjadi kayak nyari2 kunci kontak yang lepas sampe 2km, ban bocor, dan lain2. Hari pertama nyacah gw udah kelupaan hal2 yg penting, lupa bawa kuesioner lebih, lupa bawa souvenir.

Terimakasih.

Ibu dan bapak penginapan. Orang yang baru kita kenal, dan langsung bisa cair. Mereka guru. Sangat baik saat bercengkrama maupun melayani kita sebagai tamu di rumahnya. Kita benar2 dilayani seperti tamu keluarga sendiri yang datang dari jauh. Mereka bener2 ngebantu kita selama proses PKL ini baik secara teknis maupun nonteknis. mulai dari nyari tukang urut, maupun tanya2 soal gambaran desa. Gw bener2 mengingat kebaikan mereka. Terimakasih pak, bu. 

Terimakasih juga untuk Pak RT, Pak Toha dan Sadilan selaku penunjuk jalan, serta pak camat.
Terimakasih juga untuk kebersamaan kita tim. Supri, Wara, dan Ester. Serta Tetangga tim, Satiti, Novi, Mei, dan Friska. Pak Korwil. Tim Asep, dan Tim Angga. Merci Beacoup! Kalian luar biasa! hehehe!

3 thoughts on “#PKL53

Komentarin aja

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s