Kedewasaan

Banyak orang menyikapi seseorang dewasa atau tidak. Banyak yang men-judge seseorang dewasa atau tidak, padahal ia pun belumlah dewasa.

Image

Menurut gw Kedewasaan itu ga bisa dinilai dari tingkah laku yang terlihat semata. namun cara berfikir, memecahkan dan menyikapi sesuatu pun jugalah suatu kedewasaan. Kebanyakan orang-orang melihat sampul dari bukunya, kebanyakan hanya melihat yang tampak dari pada yang tak tampak. Padahal yang terjadi didunia ini pun banyak yang tak tersadarkan dari hal-hal yang tak tampak. tentu bersikap dan berfikir dewasa.

Dan kedewasaan bukanlah cara menentukan orang tersebut baik atau tidak, karena orang dewasa pun tidak pernah sejujur anak-anak dalam menyikapi segala sesuatunya. Memiliki kedewasaan, bukan menjadi dewasa, karna banyak orang dewasa yang tidak memiliki kedewasaan. Kalo kata orang-orang bijak “maturity is not measured by age. It comes from experiences, mistakes, learning, and understanding”, Kedewasaan itu ga keukur dari umur. Kedewasaan datang dari pengalaman, kesalahan, pembelajaran dan memahami sesuatu nya.

Ketika mencari beberapa artikel mengenai makna ‘kedewasaan’, dapet sesuatu yang bisa dishare disini, dari sebuah artikel Wise words about maturity dari inspirationalstories.eu

 

“Kedewasaan. Hal apa itu? Kedewasaan ialah presistensi, mengetahui tujuan mana yang benar dan tetap ‘on track’ meskipun banyak rintangannya. Kedewasaan mampu untuk tahu hal-hal apa yang harus diperjuangkan dan apa yang tidak. Kedewasaan membuat seseorang mampu mengendalikan amarahnya selama dalam tiap masalah. Ia memecahkan masalah terjadi dengan pendekatan membangun bukan mengeluh. Ia tahu bahwa ia tidak dapat mengendalikan segala sesuatu, sehingga kadang-kadang perlu untuk merelakan/melepas beberapa hal. Kedewasaan juga merupakan kerendahan hati, ketika orang mampu mengakui kesalahan, lupa kesombongannya, dan pada saat yang sama menjaga martabat. Atau bisa dikatakan kemampuan untuk tertawa pada diri sendiri.

 

Kedewasaan yakni bertanggung jawab dan terpercaya, kata-katanya selalu beriring bersama dengan tindakannya. Dia memegang kata-katanya, sehingga orang-orang tahu bahwa mereka dapat mengandalkan dirinya.Kedewasaan adalah kemampuan untuk menjadi fleksibel dan menyadari bahwa belajar dan perbaikan diri yang diperlukan sepanjang jalan.Kedewasaan sedang tetap selaras dengan segalanya. Itu berarti membangun hubungan harmonis dengan diri sendiri, dengan orang lain, dengan alam.

Artinya kedewasaan hidup di saat ini, apresiasi dari hal-hal sederhana, menjadi sadar dari segalanya, membiarkan diri Anda untuk bersyukur atas apa yang Anda miliki sekarang, ketimbang akan melihat ke belakang atau ke depan.

Kedewasaan tidak bersaing, tetapi berbagi.”

// from inspirationalstories.eu

 

 

Komentarin aja

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s