MathPhobia

Setelah baca madre ga tau, feels buat nulis nongol lagi. udah lama ga seseneng ini bisa nemu ‘greget’nya buat nulis lagi. Dulu sempet pernah munculin jadwal bahwa gw musti posting apapun itu setidaknya dalam seminggu sekali. tapi niat hanya sekedar niat waktu itu. realisasi nol. blog ini nganggur lama, setelah ngelantur kemana-mana ga ada bahan buat nulis.

Seminggu yang lalu, gw hanyalah mahasiswa pengangguran. tapi mulai minggu ini gw mulai dapat job tambahan untuk mengajar les privat. Entah kabar tersebut hadir tanpa sengaja, dikala gw memang lagi seret dan butuh uang lagi.

jadi cerita minggu ini, ialah tentang murid les gw. Menurut gw dia kena MathPhobia. Nah loh. Istilah itu gw coba ketikan di gugel, dan hasilny ialah …

Rasa takut atau phobia matematika  (mathematics anxiety). Menurut Russel Deb (about.com) menyebutkan bahwa biasanya rasa takut ini berasal dari pengalaman yang tidak menyenangkan dalam pelajaran matematika. Fobia matematika juga dapat disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran matematika dan kurangnya latihan soal-soal matematika. (sumber)

Jadi kalo menurut gw, dia udah kena mathphobia. Definisi gw sendiri mathphobia, jelas bahwa phobia terhadap dunia matematika, termasuk angka2. Ga tw kenapa ni anak menjadi salah satu yang kena mathphobia. gw bilang dia mathphobia karna mama nya cerita bahwa tiap kali ada pelajaran matematika, dia slalu nolak buat masuk sekolah, atau selalu beralasan menghindari dari pelajaran ini. Menurut gw ini mathphobia yang cukup akut. Ofcourse tugas gw ialah buat dia untuk melepas phobia ini.
Cerita mamanya lagi kalo dia selalu kesulitan dengan apa2 yang berhubungan dengan angka, bahkan dia kesulitan buat nentuin berapa angka nol dalam uang pecahan duapuluh ribuan, atau nentuin berapa kembalian uang setelah belanja. Menurut gw ini bukan fenomena di tengah masyarakat yang sekarang. bagaimana cara anak2 berfikir dan membuat sesuatu tersebut menakutkan. sebenarnya mathphobia tidak perlu terjadi jika memang seorang guru mendidik seorang anak dengan cara benar. mungkin sekarang guru pengen simple nya doang. jadi pengen didik anak jadi serba instan. yakni cuman dikasih tugas, tugas, dan tugas doang.
Banyak anak2 di indonesia sekarang ini, punya problem sama. tetangga gw dulu juga gitu. punya problem mathphobia, karna sampe SMA dia tetep ga bisa nambah2 apalagi kali2an. Kebanyakan anak2 yang seperti ini cendrung terus menjauh dari dunia matematika. Bahkan tetangga gw yang tersebut, ga pernah masuk sekolah pas yang ada pelajaran matematika.
Gw sebagai seorang yang sekarang menyelup dan menyelam di dunia matematika, merasa miris ini terjadi. Matematika tu ga bisa lepas dan lari gitu aja dari hidup kita kayak mantan2 pacar. Ga mungkin lu bisa jual beli tanpa angka2 dan matematika. Ga mungkin lu ke pasar, mau beli apel nawar2 pake hati, kan ga lucu?
Terlepas dari itu semua, Seharusnya sistem pengajaran di INDONESIA ini bisa diperbaiki. terutama guru2 lah yang bisa tau kualitas mereka segimana. Tulisan ini ga bermaksud memojokkan guru2 dimanapun. tapi sekiranya, dapat memberikan secercah inspirasi bahwa banyak anak2 indonesia ini butuh didikan bukan pengajaran.
yah memang kalo si anak tidak bisa, itu bukan salah dia. Itu seperti kata om enstein “Setiap orang itu jenius, kalau anda menilai kepintaran seekor ikan dari kemampuannya memanjat pohon. Maka kasihan si ikan itu, ia akan menjalani hidup ini dengan rasa malu bahwa ia adalah hewan paling bodoh sedunia”.

Oke mari akhiri, cerita yang ngelantur kemana-mana ini. jika memuakkan jangan baca tulisan ini. jika ada hal positif yang bisa diambil, sampaikan pada orang lain. Akhir kata Terimakasih Om ALJABAR untuk bilangan matematikanya, terimakasih untuk seluruh Ilmuwan Matematika di Dunia, yang menciptakan semua kekakuan rumus2 tersebut. Sampe ketemu di curhat nyeleneh lain waktu :’).

Komentarin aja

