Ada berapa komunitas fans United di Indonesia??

Firstly, gw baru pulang dari nobar ManUtd di salah satu cafe yang ada di Bengkulu. Hasilnya 4-1 buat United atas Swansea. Double gol masing2 dilesakkan oleh RVO *the flying dutchman* dan Mas Welbo. Congrats Manchester United, Semoga kemenangan terus berlajut guys. Congrats juga buat om Moyes, awal musim yang bagus, *show must go on*. Seneng bangetlah pokoknya. GLORY MAN UTD >,<!!

Dan pas gw nobar, ada beberapa fans united. Mereka pake kostum United Indonesia. Gw pikir ini satu2 nya komunitas fans dr United di Indonesia. Eh ternyata pas gw guggling2, nemu setidaknya ada 2 komunitas lagi *komunitas yg besar tentunya. Setelah bertapa di kamar dan coba utak atik dan analisis *eeaa, ternyata ketiganya beda *yaeyalah dr nama aja beda, mari kita jabarin satu-satu.

1. United Army

logoutdarmy

Nah United Army ini adalah ‘The Indonesia’s official @ManUtd Supporter Club’, atau kita indonesiain.. komunitas supporter resmi yang diakui di website Man United yakni bisa di cek disini. Nah kalo menurut website UnitedArmyFC.com, mereka berdiri sejak tanggal 7 Agustus 2009 di Jakarta. Sekarang ini United Army diketuai oleh mas Arie Haryanto dan memiliki 37 ‘United Army Chapter’ atau cabang lokalnya. United Army melakukan kegiatan2 nobar seperti fans2 united lainya. Membership atau keanggotaannya dikenai biaya 150k untuk keanggotaan lokal dan 750k untuk keanggotaan internasional. Di laman situsnya United Army banyak melakukan event pada keanggotaannya. Kelebihan menjadi anggota terdapat potongan untuk belanja di store id-redshop.com.  Jelas bahwa barang yang ada disana bisa dikatakan barang ORI karena berlisensi official resmi untuk supporter yang ada di Indonesia.

Homebase : Red Shop, STC Senayan Ground Floor #109, Jl. Asia Afrika – Senayan | Jakarta Pusat.
web : UnitedArmyFC.com
forum : forum.unitedarmyfc.com
facebook : facebook.unitedarmyfc.com
email: info@unitedarmyfc.com | id.manutd@gmail.com
twitter: @unitedarmyfc
 

2. IndoManUtd – Indonesian Manchester United

crest1

The most integrated fans forum in Indonesia.  IndoManUtd adalah komunitas pecinta Setan Merah tertua di Indonesia. Awal terbentuknya IndoManUtd terjadi setelah euforia “Treble Winner 99”. Salah satu pendiri, Samuel Rismana mulai bergerilya mencari kawan-kawan sesama pecinta Manchester United di Indonesia untuk membuat suatu wadah khusus fans Manchester United. Tanggal 13 Maret 2000, akhirnya IndoManUtd berdiri sebagai organisasi/komunitas fans Manchester United di Indonesia.

Saat ini [per bulan April 2012], IndoManUtd sudah ada di 17 daerah yaitu Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor, Cibubur, Bandung, Semarang, Kudus, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Banda Aceh, Medan, Batam, Bengkulu, Palembang, dan Manado. Hal yang paling spesifik yang membedakan IndoManUtd dengan komunitas lain adalah kami tidak mengenakan iuran keanggotaan bagi anggota yang ingin bergabung. Selain itu IndoManUtd juga memiliki slogan PLUR (Peace Love United Respect), yang berarti mengharamkan sebutan klub ataupun pemain rival yang sifatnya melecehkan dalam semua kegiatan online dan offline.

 
 
 
web : http://www.indomanutd.org/
forum : http://www.indomanutd.org/forum.php
facebook : indomanutd
twitter: @indomanutd
 

3, UnitedIndonesia

Logo_United_Indonesia_-_Twitter

Didirikan pada tanggal 20 Agustus 2006,  kini United Indonesia telah mempunyai chapter di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Pekanbaru, Balikpapan, Medan, Bali, Palembang, Solo, Bogor, Semarang, Makasar,dll.  Ada beberapa kegiatan yang dilakukan UnitedIndonesia yakni Nonton Bareng, Futsal, Tour to Old Trafford, Meet Payers/Legends, berbagai kegiatan sosial dan amal, hangout, dll. Biaya keanggotaan sendiri yakni 150k untuk full-member selama 1 tahun *tshirt, dll*, dan half-member 50k untuk 2 tahun *tanpa tshirt*. Di twitter sendiri UnitedIndonesia memiliki lebih dari 250ribu followers.

Website : www.unitedindonesia.org
Forum : www.unitedindonesia.org/forum
Mailinglist : united-Indonesia@yahoogroups.com
Facebook : http://www.facebook.com/utdindonesia
Twitter : @UtdIndonesia

 

 

 

Semua ini kan Fans United, nah jenapa nggak jadi satu saja?

Menurut Hanggaraditya ‘Indomanutd’ : “Perbedaan visi dan misi di antara beberapa pengurus IndoManUtd menjadi awal perpecahan komunitas fans Man United di Indonesia.  Wacana penyatuan komunitas fans Man United di Indonesia memang pernah beberapa kali dibahas oleh beberapa pengurus atau pun anggota dari komunitas lain, tetapi ada beberapa kendala yang hingga saat ini belum bisa ditangani.  Tetapi tidak tertutup kemungkinan di kemudian hari akan ada penyatuan komunitas penggemar Man United di Indonesia, salah satu cara di awal adalah mengadakan acara atau kegiatan yang melibatkan semuanya, salah satunya acara nonton bareng.”

Suatu hari gw berharap ini bisa terlaksana. Gw ga pengen ketika ada nobar pada ngadain sendiri-sendiri, sehingga gw bingung mw ikut yang mana. Gw sebagai fans yang tidak ashobiyah *red: tidak memihak ke komunitas united manapun, hoho* menginginkan kesatuan tempat nonton, wkwk. karena gw adalah Fans United. Ketika semua bisa bersatu, lebih rame, lebih gokil, kenapa harus terpecah-pecah? *eeeahhh

SALAM UNITED!! #MUFC #RESPECT #IAMUNITED #GGMU

 
 
sumber : http://id.berita.yahoo.com/blogs/berandakomunitas/indomanutd–pecinta-setan-merah-tertua-di-indonesia.html
 

 

20 thoughts on “Ada berapa komunitas fans United di Indonesia??

  1. Nice story lad..
    Sebelumnya gw mau kenalan dulu, gw Marthin dari Indomanutd.

    Benar adanya kalau sekarang kita (di indonesia) punya 3 fan base Man United. Dan gw sendiri sangat menyayangkannya, tapi mungkin kalau lu ada didalam salah satu fanbase, akan mengerti kenapa.

    Tapi ini bukan masalah besar, karena dinegara lain pun banyak basis fans United, bahkan di Inggris sendiri. Ada SE, Red Army, belum lagi fans yg biasa2 aja..

    Kondisi ini berjalan normal, kami sering tampil bersama dalam suatu event, yg tujuannya sama yaitu mendukung United. Dan semua berjalan lancar2 aja. Anggap saja saat ini kalian punya banyak pilihan untuk memilih, banyak pilihan itu enak bukan? hahaha..

    saat ini ada satu lagi fan base yg mulai muncul, yaitu Simpatisan United. You can find all about them..

    Harapan gw juga sama dgn mas Hanggaraditya (@Anggot), suatu saat mungkin kita bisa bersatu, walaupun blm tau kapan. Yang terpenting kita tetap satu dalam tiap event2.

    Kalau suka berdiskusi di forum ttg Man United, silahkan join di forum indomanutd, banyak “harta’ didalamnya.
    FYI, kita juga memberlakukan sistem membercard utk yg ingin bergabung dgn Indomanutd. Hanya dgn register di forum dan mengisi formulir, serta membayar 25ribu sbg pengganti biaya produksi membercard.

    Dalam komunitas Indomanutd, kami mengedapankan keaktifan member, lebih baik rajin ikut nonbar dan kenal sama yg lain, dibanding sudah punya membercard tp tidak kenal siapa2.

    Di Bengkulu kita punya region, coba search twitter mereka @indomanutdbgklu atau hubungi korlapnya Ariyus. Mana tau bisa kenal dan bisa gabung di Indomanutd utk bisa sharing2 cerita lainnya..

    Regards..

    1. Salam kenal Mas Marthin. Terimakasih sudah berkunjung dan memberikan info baru. Saya baru dengar jg tentang ‘Simpatisan United’, mungkin tidak sejreng 3 yang lainnya. DI bengkulu pun saya melihat United Indonesia dan Indomanutd juga sering nonbar gabungan, mungkin karena akhir2 ini nonton EPL, khususny ManUtd semakin langka di tv, hehe.

      Oh ya, Kalo regional jakarta timur Indomanutd sendiri posisi ny dimana mas?

      1. gw juga fans manchester united tapi sampe sekarang gw bingung mau ikut member yg mana, acara nobar manchester united dari united indonesia, united army, indo man-utd sampe simpatisan united gw pernah ngerasain nobar. semua nya seru dan bingung mau member yang mana?

      2. gw juga fans manchester united tapi sampe sekarang gw bingung mau ikut member yg mana, acara nobar manchester united dari united indonesia, united army, indo man-utd sampe simpatisan united gw pernah ngerasain nobar. semua nya seru dan bingung mau member yang mana?

  2. Gue tinggal diperbatasan jakarta bekasi nah disini emang banyak tuh acara nobar dari fan base diatas dan ketiganya gue pernah semuanya ikutin ketika ada nobar. Gue juga ga tau kenapa bisa ada banyak gitu fan basenya sampe gue bingung mau jadi member atau nggak. Cuman yang gue bisa dapet gini beberapa fan base itu *ganyebutin nama sedikit punya royal yg tinggi jadi secara tidak langsung fanbase tersebut mencari keuntungan dari besarnya pendukung MU disini

  3. Tapi tetep, The Biggest is United Indonesia. hampir ngecover seluruh Indonesia. Silahkan buktikan sendiri. gue juga bagian dari United Indonesia Bengkulu loh🙂 ada keuntungan lain dibalik aktifnya kita di fanbase tersebut. salah satunya punya banyak temen. Karena United Indonesia udah hampir ada dimana”, jadi waktu gue udah kuliah di Jatinangor, yaah cepet gabungnya🙂 karena disini ada United Indonesia Jatinangor. Gak ada ruginya kok jadi member. apalagi kalo bisa sampe jadi pengurus.

    1. sip. kalo ane membaur kemane2 aj gan. karna ya #ImUNITED, terserah fanbase ny dr kubu mana. yang penting pada rame kalo ada nobar, dan pada rukun dan akur2, hehehe

    1. ayo ngumpulin duit yg banyak untuk mendatangkan manchester united ke surabaya. bertanding lawan persebaya klu di jakarta khawatir di bom lagi sama teroris seperti 2009 silam

  4. Belum pernah nyicipin sensasinya nobar bareng salah satu dari 4 fan base diatas om😥 kesana jauh sesini apa lagi -_-

      1. Hadeh, jan bikin ane ngiri dah om >_< kesana di Cililitan kesini Margonda, Depok jadi ane ditengahnya :v dilema ckck

  5. Gua dari United Army , seneng rasanya punya saudara “satu bendera” . Memilih jdi member United Indonesia , United Army , Indo Man.United itu perkara mudah , kita semua juga saudara . Berbeda memang , mgkin setiap fans base mempunyai visi misi dan ideologi yang berbeda , namun pastikan dulu kita berada di bendera yang benar , yaitu Manchester United .
    Masalah perbedaan jangan kita jadikan suatu bahan untuk berseteru .. We are follow manchester united , UI, UA , dan indo man.utd hanya menjembatani fans fans MU di Indonesia untuk lebih bebas berekspresi ..
    Gabung mana aja gua jamin gak ada ruginya ..

    Thanks

  6. Menarik juga disimak coretannya. Semua fan base kan fans setan merah juga, alangkah indahnya kebersamaan akan lebih indah bila jadi satu.
    Saya juga ngefans United sering nonbar walaupun tak rutin, dulu pernah punya rencana bikin membercard tapi ada kebingungan, tempat nonbar tertulis indomanutd, utdindonesia. Yang pasti mana coba?
    Saya juga sering nonbar diwarung bakso disitu gratis cuma terdapat spanduk besar menutupi pagar lambang MU begitu terlihat garang itu spanduk itu.
    Bravo Man United .

  7. Kalau saya sendiri lebih memilih untuk tidak bergabung dengan fans base resmi manapun, saya lebih tertarik untuk ikut berkumpul dengan segelincir kecil fans United ( tanpa registrasi ) seperti Simpatisan United & United is Red..

    Tapi bagaimana pun juga kita semua satu tujuan yaitu BERSATU UNTUK MANDUKUNG MANCHESTER UNITED.

Komentarin aja

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s