Game kartu plus asah otak di STIS ala BRIDGE

Balik lagi kali ini meliput seputar kampus,, yakni mengenai game kartu yang sangat favorit di kampus statistic, STIS… apalagi kalo bukan BRIDGE…  Simak ulasan mengenai apa itu Bridge, aturan, dan keberadaannya di kampus statistik…

Kalo kamu belum tau pasti kamu bingung apa itu bridge???

Mari kita simak ulasan dari om wiki berikut ini…

Bridge atau contract bridge adalah permainan kartu yang mengandalkan baik kemampuan bermain maupun keuntungan.

Empat pemain berpasangan dan duduk berhadap-hadapan. Permainan ini terdiri dari lelang diikuti oleh permainan kartu. Peraturan-peraturannya cukup ringkas dan mirip dengan permainan kartu lainnya. Lelang berakhir dengan sebuah kontrak kecuali bila kartu di tangan dilewati. Sebuah kontrak adalah pernyataan oleh salah satu partner bahwa pihak mereka akan mengambil sejumlah (atau lebih) trik. Lelang ini menentukan pihak yang menyatakan, the strain of trump dan lokasi pemimpin untuk kartu di tangan.

Turnamen bridge biasanya diatur untuk memaksimalkan penggunaan kecakapan satu tim dan meminimalkan pengaruh keberuntungan. Bridge telah dibandingkan dengan catur dalam pengertian bahwa harus digunakan akal sehat.

Dan ini peraturannya dari belajarbridge.blogspot.com

Apa itu bridge….

Bridge adalah permainan kartu yang diperkenalkan oleh Ely Culbertson di USA pada tahun 1920. Di Indonesia sendiri, bridge telah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan tingkat nasional dan wakil-wakil Indonesia telah banyak dikirim untuk mengikuti ajang internasional. namun tampaknya olahraga ini tidak begitu populer di masyarakat kita, karena bridge merupakan olahraga pikiran seperti halnya catur.

Bridge memiliki aturan dasar dan penting untuk dimengerti :
1. Bridge dimainkan oleh 4 orang secara berpasangan (partner).
2. Partner duduk berseberangan dalam 1 meja, yaitu di Utara-Selatan (US) atau Timur-Barat (TB).
3. Permainan berjalan sesuai arah jarum jam.
4. Menggunakan 52 kartu standard dibagi rata kepada 4 pemain dengan masing-masing memegang 13 kartu.
5. Komunikasi antar pemain untuk mengetahui kartu yang dimiliki dilakukan dengan cara bidding (bahasa untuk menunjukkan pegangan kartu kita).

Cara bermain:

1. Dealer atau pembagi menjadi penawar (melakukan bidding) yang pertama.
2. Pemain lain dengan searah jarum jam dan berurutan melakukan bidding sampai terjadi kontrak.
3. Kontrak terjadi apabila ada 3 pemain yang berurutan menyatakan pas.
4. Bidding terakhir yang ditawar menjadi permainan.
5. Pemain disebut dengan declarer dan partner declarer disebut dummy, sedangkan lawan bermain disebut deffender.
6. Declarer memainkan kontrak sampai pas atau melebihi agar bisa mendapat point.
7. Deffender berusaha mendapat point dengan bermain men-down lawan (lawan tidak mencapai kontrak).

Perhitungan Pegangan

Perhitungan kekuatan pegangan diciptakan oleh Milton Work dan diopulerkan oleh Charles Goren di awal abad 20. Seni permainan bridge memiliki akar pada perhitungan matematis meskipun kecil tetapi memiliki hubungan yang kuat. Namun baik bidding maupun play, hanya memerlukan perhitungan aritmatik sederhana.

High Card Point (HCP)

Milton Work memberi point pada kartu-kartu honor sebagai berikut :As = 4 HCP Queen = 2 HCPKing = 3 HCP Jack = 1 HCPSedangkan 2-10 tidak diberi HCPContoh :♣ J967 ♦ AQ53 ♥ K10 ♠ 1072Pegangan di atas memiliki 10 HCP. Satu deck kartu memiliki 40 HCP maka pegangan di atas memiliki HCP rata-rata. Jika pemain memegang 12 HCP atau lebih, wajar bila membuka tawaran di tingkat 1 karena memiliki HCP di atas rata-rata.

Distributional Card Point (DCP)

Selain memberi point pada kartu-kartu honor, suatu pegangan juga diberi nilai distribusi. Dilakukan beberapa penyesuain dalam DCP, antara lain :1. Setiap suit yang lebih dari 4 kartu yang disertai 1 honor diberi 1 point untuk kelebihannya.Contoh : ♣ A108543 = 4 HCP + 2 DCP♠ Q7542 = 2 HCP + 1 DCP2. Pegangan balance yang tidak ada 5 kartu di suatu suit dikurangi 1 point.3. Pegangan yang memiliki 4 As ditambah 1 point.4. Pegangan tanpa As sama sekali dikurangi 1 point.5. Untuk pegangan yang memiliki King, Queen, Jack singleton atau Queen, Jack doubleton dikurangi 1 point.6. Jika mendukun suit partner DCP dihitung = jumlah trump dikurangi suit terpendek.Contoh :Opener : 1 ♥Responder pegang :♠ Q975♥ AK1086♦ 5♣ J93HCP = 10DCP = jumlah trump – jumlah suit terpendek = 5 – 1 = 4Total Point (TP) = 10 + 4 = 14 point

Quick Trick

Pemain kadang mengevaluasi pegangan juga dengan menggunakan quick trick yang dimilikinya.Quick trick adalah kartu honor yang dapat segera dimainkan dan menghasilkan trick pasti tanpa peduli kartu apa yang menjadi trump. Perhitungan quick trick, antara lain :Axx = 1 Quick trick KQx = 1 Quick trickAQJx = 1,5 Quick trick KQJx = 1,5 Quick trickQJxx = 0 Quick trick Jx = 0 Quick trickAKx = 2 Quick trickMisal Anda pegang club AKQxx, suit ini mungkin akan menjadi 5 trick bila club dijadikan trump. Namun bila trump adalah kartu lain misal heart mungkin hanya akan menghasilkan 2 atau 1 trick. Karena pada club kedua atau ketiga dimainkan, lawan tidak memiliki club lagi dan mengeluarkan heart sebagai trump.Untuk opening bid, sebaiknya memiliki 2 atau lebih quick trick di suit yang akan ditawar.

Losing Trick Count

Suatu pegangan (biasanya declarer) mengevaluasi pegangannya dengan menghitung jumlah loser juga. Aturannya :1.Satu loser untuk setiap ketidak hadiran As, King, atau Queen di suatu suit.Contoh :Jxxx = 3 loser AQxx = 1 loserKJx = 2 loser KQxx = 1 loser2.Void berarti tanpa loser.3.Singleton tanpa As berarti 1 loser, doubleton tanpa As atau King juga 1 loser.A = 0 loser Q = 1 loserKx= 0 loser Jx = 1 loser4.Paling banyak 3 loser pada masing-masing suit.Contoh :♠ AQ10843 = 1 loser ♠ AQ10 = 2 loser♥ AJ105 = 2 loser ♥ AJ105 = 2 loser♦ 8 = 1 loser ♦ 875 = 3 loser♣ K = 1 loser ♣ K72 = 2 loserTotal = 5 loser Total = 9 loserPerhatikan pegangan diatas, memiliki HCP sama namun mempunyai jumlah loser yang berbeda. Para pemain expert berpendapat bahwa “Strength is important but shape is everything”. Karena semakin balance suatu pegangan akan semakin banyak loser yang mungkin timbul.

Estimasi arah penawaran

Pemain sebaiknya mengestimasi arah penawaran sehingga aturan-aturan berikut harus dipahami dengan benar :1.Trump fit : sebaiknya ada minimal 8 kartu di kedua tangan.2.Untuk bermain game setidaknya :-25 point untuk di 3 NT-26 point untuk di 4♠/4♥-28 point untuk di 5♦/5♣3.Bermain di small slam sedikitnya 33 point.4.Grand slam memerlukan 36+ point.

Mmm.. cukup paham sekarang???

Yup sama saya juga belum.,, hehehe,,, karena saya bukan anak bridge…

Game satu ini sangat favorti di kampus STIS, karena mungkin dianggap memang game yang sesungguhnya bagi para mahasiswa statistic.. tentunya game ini tak jauh-jauh dari yang namanya matematika.. tak jauh dari peluang… hahaha…😀

Selain itu game ini sangat menarik para pemula (sebut : mahasiswa baru), karena mungkin ini adalah game baru yang mereka temukan dan tidak ada di sekolah asal mereka. Bridge sendiri di STIS, mempunyai UKM khusus yang mewadahi nya yakni UKM SBC (STIS Bridge Community). Dan yang membuat saya kagum,, game ini juga katanya dimainkan oleh para dosen dan petinggi-petinggi BPS.. *wow*wow…

Bridge sendiri di kampus, memberikan kontribusi yang sangat membanggakan, karena dari Bridge STIS dicetak para atlet-atlet Bridge yang siap terjun ke nasional maupun internasional… J Tak heran kalo Bridge STIS sudah taka sing lagi dan mempunyai banyak prestasi yang membanggakan kampus.. {superb sekalii(y)}…

Ni buktinya,,,

Juara III Kategori Berpasangan Kejurnas Bridge di Gorontalo Tahun 2009

Juara I Kejurnas Bridge di Riau Tahun 2009

dan banyak lagi..

Bridge adalah game kartu yang halal di kampus Stis, uniknya ini yang saya bilang,, jadi mau main di kantin atau di kelas kalo lagi kosong dibolehkan…😀

Kalo saya sendiri kagum dengan anak-anak bridge, karena menurut saya bridge bukan sekedar main kartu tapi juga mengasah otak… ckckck mantep dah… Tapi saya sendiri sampe sekarang masih biungung dengan permainannya,, saya tetep bingung kalo ada temen-temen kelas yang main game ini… Mungkin kalo saya pikir terlalu banyak peraturanya, hehehe… (mendingan main uno deh.. wkwkwk)

Jadi mungkin untuk teman-teman atau adek-adek SMA yang juga tertarik di bridge, bisa ngembangin bakat bridge, ataupun bakat gaming kartunya di Bridge STIS… Menarikkan kalo punya banyak teman sehobi dan punya banyak lawan saingan dalam permainan bridge… Apalagi di sini Bridge adalah komunitas mayoritas… Kepikiran untuk coba dan gabung??? Nah kalo gitu coba gabung dulu di kampus nya, di STIS.. lalu baru gabung di SBC nya…uooke??

Terimakasih…

Bonus :D…

anak2 alay yng lagi ngebridge karna ga da kerjaan di kelas, wkwkwk (piss)

Ditukil dari : om wiki (wikipedia.com) ,, http://stis.ac.id/student/achievements.html ,, dan http://belajarbridge.blogspot.com/

One thought on “Game kartu plus asah otak di STIS ala BRIDGE

Komentarin aja

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s