Mau kuliah dimana ya???

Inilah momen2nya bingung bagi sebagian besar teman2 yang ada di kelas 3,, bingung kenapa?? Bingung mau kuliah di mana?? Milih jurusan apa?? Dan mau jadi apa nantinya?? *bisa galau dibuatnya hahaha

Untuk memilih kamu akan kuliah dimana nantinya setelah tamat SMA,, saya punya sedikit tips buat temen2 yang lagi nge-galau ria nentuin tempat kuliahnya,, stidaknya tips ini bisa menjadi arahan bagi temen2 smua…

  • Pertama, Tentuin focus kamu mau jadi apa ?? (SETTING_GOAL)

Ini hal penting, namun terkadang terlupakan sama temen2 yang mau melanjutkan pendidikan nya.. teman2 terkadang tidak memilih untuk jadi apa, namun hanya memilih dari asas favoritnya ataupun eleganitasnya,, misalnya kebanyakan teman2 sewaktu saya lulus SMA, hampir sebagian besar punya ambisi ingin jadi dokter.. wah bakal banyak dokter dalam angkatan ini saya pikir,, tapi yang heran tidak semua dari pilihan itu ialah kemauan dari diri mereka sendiri.. sebagian besar malah mengikuti ambisi orang tua mereka,, mungkin bagus karena menjadi seorang anak yang berbakti kepada orang tua,, but saya pikir,, bukan orang tua kita yang akan kuliah tapi kita lah yang akan berkuliah,, jadi semua tentang pilihan kita, seharusnya kita pula yang memilih,, satu hal yang saya tangkap jika teman2 berkuliah bukan dari keinginan diri sendiri, maka teman2 tidak punya rasa enjoy dalam menikmati kuliah,, dampaknya baru akan terasa ketika kejenuhan kuliah muncul, maka dari diri teman2 sendiri akan menolak nantinya, sehingga timbul rasa untuk malas kuliah,, yah apalagi kalo yang kuliah nya jauh dari orang tua… kuliah bukan berasa nikmat jadinya, malah menjadi derita..

“kembali ke laptop”, jadi untuk memilih perguruan tinggi, sebaiknya kita tentukan apa yang benar benar pilihan kita,,, Masukan dalam pikiran teman2, Satu “Mau jadi apa saya?? Profesi seperti apa yang saya ingin kan??” dan Dua “Apakah saya menyukai pilhan saya itu??”..

Terkadang pertanyaan yang pertama banyak sekali pilihannya dipengaruhi oleh lingkungan, sehingga pilihan dari pertanyaan pertama tadi mengabaikan pertanyaan yang kedua,, yakni “Suka atau tidak??”… Jadi pilihan dari pertanyaan pertama berasas favorit atau trend saja sehingga kita kurang berfikir, apakah kita emang menyukai pekerjaan ini nantinya..

“Life is Choice, Today is a result of what we had choose yesterday, and tomorrow is a result of what we have choose today”

Tegaskan kembali, bahwa yang akan kuliah nanti kamu, bukan ibumu, bukan bapakmu, jadi kalo orangtuamu memaksa untuk memilih kamu untuk jadi apa, namun kamu tidak mengingkan itu, , sebaiknya kamu perjuangkan pilihanmu dan jelaskan kenapa kamu mau memilih itu, namun jelaskan lah dengan baik,, saya yakin tidak ada orang tua yang tidak mendukung apa yang terbaik untuk anaknya J,semua tergantung bagaimana cara kamu menjelaskannya… berbuat baik, dan cari perhatianya sehingga mereka mau mendengarkan kamu…

  • Kedua, Setelah menentukan focus, tentukan perguruan tingginya (LISTING)

Yang perlu dilakuakan dalam menetukan perguuran tingginya, ialah LISTING.. jadi misalkan kamu mau masuk ke jurusan Teknik Informatika, maka kamu list dulu universitas mana aja yang menyediakan jurusan tersebut… setelah kamu list kamu urutkan… urutan disini berdasarkan mana yang paling quality dan bagus jurusan tersebut di universitas2 tadi..

Nah setelah listing,,, yang perlu kamu lakukan ialah melihat adakah yang cocok.. cocok disini ialah:

COCOK = PILIHAN + KEMAMPUAN DIRI + KEMAUAN + DUKUNGAN ORANGTUA (biaya dan pertimbangan)

PILIHAN = sesuai yang dijelaskan tadi, pilhan yang memang kamu ingin kan, sehingga kamu bisa focus..

KEMAMPUAN DIRI = disini kita perlu realistis terhadap diri sendiri, terkadang demi memaksakan kehendak, kita terkadang kurang realistis,,, kita harus berfikir apa kita sanggup dalam meraihnya.. bukan berarti untuk merendahkan kemampuan sendiri atau bersikap negative, tapi kita perlu sadar,,, misalkan kemampuan biologi kita kurang, tapi kita memaksakan untuk masuk kedokteran, itu tidak realistis bung…

Tapi juga bukan bersikap negative, dengan merendahkan kemampuan diri sendiri.. terkadang kita mengaggap tidak mampu,, padahal kita mampu, hal itu juga tidak baik sebenarnya… Karna sesungguhnya bila kita berfikir sanggup dan mampu, kenapa tidak?? Bersemangatlah…

KEMAUAN = hal ini adalah bagian yang penting,, kemauan adalah niat dalam diri… jadi kalo ga ada kemauan bagaimana kita mau berhasil.. Rasulullah menjelaskan

“Innamal a’malu binniyat”… Sesungguhnya perbuatan itu tergantung niatnya (HR. Bukhari)

Jadi untuk kuliah pun butuh niat,, percuma kalo ada kemampuan tapi kalo tidak ada kemauan.. it’s impossible.. tapi kalo ada kemauan walaupun kemampuan kurang… It’s I’m POSSIBLE… yah begitulah hidup..

DUKUNGAN ORANG TUA = Nah ini juga factor cukup penting, terkadang kita hanya memaksakan diri untuk memilih pilhan yang banyak memakan biaya,, pahami kemampuan orang tuamu,, jangan sampai pilhan kita memberatkan.. Yakinlah jika kita memang seorang berkualitas banyak beasiswa yang tersedia.. kemudahan akan datang seiring pertambahan kemampuan,,,

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” [Al-Insyirah, 5]

  • Setelah selesai proses berfikir dalam menentukan pilihan, DO ACTION!!

Ini bagian penting setelah planning dan setting goal, maka beraksi lah. Aksi yang dilakukan butuh langkah dalam melakukannya.. maka lakukanlah dengan rumus seperti ini :

SUKSES = DOA + USAHA

SUKSE itu butuh doa’ kenapa do’a yang diletakkan diawal, karna paradigma yang salah kalo kita berusaha dulu baru berdoa, yang benar ialah doa dulu, usaha, lalu doa lagi… kenapa gitu.. sekarang kalo temen2 lagi ikut ujian, makan yang pertama temen2 harus lakuin ialah berdoa.. baru mengerjakan soalnya, selesai maka berdoalah lagi…

Ada ungkapan hebat yang pernah saya dengar “Usaha tanpa do’a ialah sombong,, do’a tanpa usaha ialah bohong”,, hahaha menarik,,, tapi itu benar.. fakta ny yang benar memang seperti itu… ga

Nah rumus ini sedikit uniq, karena saya menebalkan tanda plusnya karna tanda plus itu bermakna pikiran positif,, kita butuh berfikir positif selama ingin meraih kesuksesan, yakin dan berfikir positiflah, karna ketika kita berfikir positif maka pikiran positif kita ialah untaian do’a tanpa suara yang akan diijabah oleh Allah…

Aku adalah prasangka hambaku”(Hadist Qudsi)

Dan satu hal lagi kata-kata yang sangat memotivasi dari dosen saya, yakni “We become what we think about”, ungkapan itu selalu didengung-dengungkan selama saya belajar dengan beliau,, hebat sekali,,, beliau selalu mengajarkan kami untuk berfikir positif dalam segala urusan,,

Dan jangan ragukan kemampuan teman2, karna seorang Thomas Alva Edison mengatakan “Sukses itu 99% dan hanya 1% kecerdasan”, jadi jangan ragukan kemampuan mu…

KESIMPULAN

Oke kita review sedikit rumusnya yakni

SETTING GOAL >> LISTING >> DO ACTION!!

Jadi untuk membuktikan keampuhan rumus ini, maka lakukanlah,, saya sudah membuktikanya,, dan sekarang saya senang terhadap pilihan saya, it’s my success I think,, cause everyone have their-self success..

Ya satuhal lagi, terkadang setelah kamu berusaha mati-mati, doa yang putus2, tapi ga dapet yang kamu dapet, bukan berarti kamu gagal.. mungkin yang kamu dapatkan sekarang ialah yang terbaik buat kamu..

“Boleh jadi engkau membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi engkau menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui.” [Qs.AlBaqarah, 216]

Maka syukurilah yang kamu dapatkan,, karena usaha kita biasanya sebanding dengan apa yang kita dapatkan,, maka bersyukurlah.. Tapi kalau kamu masih merasa kamu gagal untuk meraih yang kamu inginkan, kamu harus mencobanya lagi.. jika kamu gagal 6 kali, maka bangkitlah 7 kali… “The Greatest glory in living lies not in never falling, but in rising every time we fall. (Nelson Mandela).” Orang sukses pasti merasakan kegagalan, dan orang yang tidak pernah gagal ialah orang yang tak pernah mencoba..

Ada saran juga buat kamu yang mau memilih universitas, saya sarankan kamu untuk pindah dari daerah asalmu,, kalo kamu terus-terusan berada di daerah asal mu, kamu mungkin akan terlena terhadapa kenyamanan yang sudah kamu dapatkan dan kamu tidak akan produktif.. “there is no growth in comfort zone and there is no comfort in growth zone, we must leave our comfort zone to grow.” Jadi hijrah lah untuk menemukan hal yang lebih baik.. Kalo kata Imam Syafi’i

“ Tidaklah berdiam di tempatnya orang2 berakal dan beradab, dari rehatnya dia berpisah dan dari negerinya dia mengasingkan diri. Berpergianlah, akan kau temukan pengganti yang telah engkau tinggalkan, berusahalah, sungguh kenikmatan hidup ada pada kerasnya usaha. Sungguh aku melihat diamnya air merusakkannya, bila bergerak ia jernih, bila tak mengalir maka ia tak menyehatkan. Dan singa yang tak tinggalkan sarangnya takkan memangsa, dan panah yang tak terlepas dari busurnya takkan mengena. Dan matahari yang bertetap pada peredarannya, tentu akan menjemukan manusia, baik dari ajam maupun arab. Dan biji emas tak ada bedanya dengan biji tanah saat tercampur di tempatnya, kayu gaharu terserak di tanah pun serupa dengan kayu bakar. Bila kau pisahkan biji emas dari tanah, maka mulia dia dan dicari, bila kau pisahkan kayu gaharu dari kayu bakar, ia akan seharga emas”

Oke mungkin sgitu dulu, tulisan saya kali ini, smoga dapat memotivasi teman2 dan membantu teman2 dalam menentukan pilihan…  Smoga bermanfaat, kalo merasa penting untuk di share,  maka bagilah ilmu ini kepada teman anda… mohon maaf bila ada yang salah.. Terimakasih..

Masa depanmu ada di tanganmu, tentukan masa depanmu, success is when preparation meets the opportunity.. Man Jadda wa Jadda

GOOD LUCK >> BON COURAGE >> SEMOGA SUKSES!!

6 thoughts on “Mau kuliah dimana ya???

  1. wah,,,,,,,,,,,, bener banget thu kak, makash banyak ya kak ,bisa jadi nasehat buat el untuk lebih yakin dengan pilihan el,meskipun tidak tau takdirnya besok.tpi yang penting berusaha semaksimal mungkin dan di sertai berdoa kepada Allah Swt,karena semuanya hanya ada di tangannya.
    thanks …….. :p

  2. wah bangga nya udah jadi salah satu keluarga besar STIS. saya sekarang kelas 3 SMA dan alhamdulillahdi jurusan IPA. Setelah saya googling, ternyata STIS itu sangat keren dan Waaaawwww banget. saya memasukkan STIS dalam LISTING saya. semoga saya bisa menjadi bagian dari STIS di tahun 2013🙂

    kak mau nanya nih.
    di STIS itu S1 ya?
    nah untuk tinggi badan dan berat badan berapa ya kak?
    se

    1. Terimakasih.. hehehe…
      yang pertama STIS Itu D4… di blog ini juga ada penjelasan mengenai STIS lebih lanjut.. coba dibongkar2 aja dalam blogny.. hehehe…
      trus STIS tidak memperhitungkan tinggi badan ataupun berat badan seperti PTK2 lain..

  3. wah beneran ya kak kalo TB & BB tidak mempengaruhi seleksi STIS? sangat menginspirasi kak🙂
    o iya kak, kalo D4 itu kuliah sekitar 4 tahun ya kak?

    1. tenang aja TB & BB tidak mempengaruhi tinggi badan, D4 itu kuliahnya 4 tahun cuman D4 di STIS sudah setara dengan s1, jadi kalo mw ngelanjutin ke s2 ga perlu s1 lagi…

Komentarin aja

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s