How to get Success in USM STIS??? [must read]

Ada sedikit yang mau saya share buat temen2… tak da salahnya ketika pengalaman baik dapat dibagi… oke..

STIS

  • STIS itu apa kakak???

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, perguruan tinggi kedinasan yang berada dibawah naungan Badan Pusat Statistik. Berada di kawasan Otista 64C, Jakarta Timur.. dengan program pendidikan Diploma IV, dengan 2 jurusan yakni Statistika dan Komputasi Statistik. Statistika dibagi dua yakni Sosial Kependudukan dan Ekonomi. Lulusannya akan mendapatkan gelar Sarjana Sains Terapan, dan ditempatkan sebagai pegawai BPS gol. III/a yang siap pakai di manapun..

  • Wahh,, menarik,,, tapii.. syaratnya apa kakak??

Tertarik J >>> Syaratnya berusia tak lebih dari 22 tahun, lulusan SMA jurusan IPA, dan nilai MM dan b. ing lebih dari 7 pada semester 5.. dan yang pasti syaratnya siap menjalani peraturan dan program ikatan dinasnya..

  • Mmm… kayaknya saya memenuhi persyaratan tuh kakak, saya mo daftar, gimana ya kakak??

Nah Kalo memenuhi persyarakatan kamu memenuhi persyaratan, buruaaan daftar.. di website resmi STIS di www.stis.ac.id , biaya pendafataran nya cuman 225ribu rupiah, dan dibayar melalui Bank BRI, lebih dikit dari uang belanja kamukan… Buruan daftar udah buka dari tanggal 26 Maret sampe 4 Mei 2012, jangan ampe ketinggalan…

  • Nah, kalo dah daftar dan bayar uangnya, trus tes nya dimana kakak??

Tesnya bisa kamu ikuti di seluruh Indonesia, dan bebas di provinsi manapun… selama masih berada pada tempat yang diadakan oleh STIS

  • Eh,, tesnya tes apa aja kakak, mudah ga???

Nah untuk tesnya… ada tiga tahap yakni, tes tulis, tes wawancara dan psikotest, lalu tes kesehatan.. Untuk tes tulis ada 3 tipe soal, yng masing2 berisi 60 soal.. yakni Soal Matematika, B. Inggris, dan Pengetahuan Umum.. ada nilai matinya loh yakni wajib menjawab min 1/3 dr tiap tipe soal, dan jika benar nilainya 4 poin, salah -1. Nah jadi harus hati-hati kalo mau menjawab,, kalo ga yakin mending ga usah dijawab,,, kalo susah atau ga nya,,yaaa tergantung kamu,, kalo kamu belajar InsyaAllah bisa ngejawabnya… Saran saya kamu beli buku USM nya buat latihan… biar bisa menjawabnya,, saya pun tahun lalu pake itu buku,, ampuh lohh…

Kalo MM ga tralu susah kok, asal yakin aja ngejawabnya,, saya tahun lalu cuman jawab skitar 30 soal,, padahal waktu itu banyak temen2 yng full menjawab seluruhnya,, Alhamdulillah untung saya yng lulus, heheh… kalo untuk b.ing temen2 banyak bisa jwab full,, karena soalnya seputar grammar mudah kok… Untuk soal Pengetahuan Umum, soalnya berkisar tentang Teknologi, Internet, computer, undang2, dan sedikit mengenai statistic,, jadi rajin2 baca Koran, nonton TV, liat berita atau surfing di internet bareng om Gugel dan tante Yahoo… Yang penting temen2 yakin menjawab, dan jangan lupa doanya..

  •  Kakak, kalo saya udah lulus nih tahap satu,, saya harus apa lagi nih??

Mulai lah persiapan tahap 2, karna tenggang waktunya cukup lama, kamu bisa persiapan full untuk menghadapinya,, kalo saya tahun lalu bersiap2ny dengan banyak latihan soal2 IQ, dll.. karna soal psikotestny seputaran itu,, trus latihan buat persiapan wawancara… kalo kamu sopan tentunya attitude dan behavior kmu menunjang untuk lulus, hehehe J.. kalian waktu wawancar paling ditanya seputar diri kalian, trus peraturan perundang2an,, trus tentang hidup toleransi, dll.. pkokny tentang kehidupan berwarganegara…

  • Wah… mantep dah kalo gitu,,, trus misalkan saya lulus tahap 2, mudah2an aja iya,,, saya harus ngapain kakak???

Siapin kesehatan, karna kemungkinan kamu lulus udah besar banget… kecuali kamu narkobaan, jelas kamu ga lulus, hehehe.,, tapi kalo tubuh kamu sehat dan fit insyaAllah bisa dipastikan selangkah lagi kamu siap menghadapi dunia kampus di STIS… Chaiiyyooo

  • Oh ya lupa sedikit saya tanya kan,,, persaingannya gimana kakak?? Trus ada kuota ga ya???

Kalo kuota, STIS ga ngenal tuh yang namanya kuota, siapa ya dia?? Karna sesungguhnya STIS lebih ngeliat diri kamu, bukan provinsi kamu, jadi kalo kamu qualified dan quality tentunya kamu bisa masuk STIS… Kalo persaingan untuk tahun lalu ada skitar 23 ribuan.. tapi jangan takut kalo kamu berkualitas tentunya bisa masuk.. dan tahun ini denger dari kampus katanya bakal nerima skitar 500an mahasiswa,,, dan itu tentunya lebih baik dari persaingan SNMPTN, karna kalo SNMPTN kamu saingan sama rausan ribu orang lainya,, hehehe… dan kalo disini kamu ga perlu lagi ikut persaingan mencari kerja nantinya…

  • MMM…. Okedeh…  eh kakak certain lebihnya STIS dari kampus lain sedikit lagi dong biar aku lebih yakin..

STIS itu kampus kedinasan, kita ngampus pake pakaian ikatan dinas, jadi bisa kompakan,, STIS itu berbasis teknologi, karna seluruh kegiatan kampusnya udah basis teknologi yakni SIPADU, disana kamu bisa cek nilai, cek jadwal kuliah, dll… dan di STIS kamu ga bisa titip absen, titip absen berarti nitipin jempol atau jari tanganmu,, karna system nya udah Finger Print buat absensi.. kita bener2 dibentuk menjadi manusia dispiplin lohh.. STIS itu kampus nya keren, dan ruangan belajar ny sangat mendukung.. Lalu keakraban dan kekeluargaanya sangat terasa, kalo kalian masuk kalian bakal dibantuin ma kakaknya buat cari kos-kosan.. kalian juga bakal menghadapi tantangan DO di smester 1 dan 2, tapi jangan takut banyak kakak2 tingkat 2,3,maupun 4 yang siap bantuin untuk ngasih tutor… Eh ga lupa,, kalo lulus kita bisa langsung kerja, dan selama kita belajar kamu bakal di beri Tunjangan Ikatan Dinas sebesar 850 rb.. wowowow *blink-blink..

  • Wah saya jadi lebih semangat… oke deh kakak,, makasih banyak.. Tunggu saya di sanaaa!!!. J.

KITA TUNGGU KAMU MENJADI BAGIAN KELUARGA BESAR KAMPUS STIS… Be the 54!!

36 thoughts on “How to get Success in USM STIS??? [must read]

  1. ya Allah sungguh menarik sekali cerita kakak,semoga el bisa menjadi bagian dari keluarga STIS, Amin………..

  2. cara mengetahui tempat tes gimana ya kak???saya mau tes di surabaya..tapi kayaknya gak ada keterangan khusus tentang lokasi tesnya..

    1. Nanti ada pemberitahuan dek,, nanti ada daftar2 tmpat tes d sluruh Indonesia… kalo ga salah untuk daerah Jawa Timur, tes ny d Surabaya.. coba d update aj ntar infony,, yng pnting dah daftar,, dah dftar dek???

  3. kak, insyaallah saya ikut tes usm STIS bulan mei ini, cuma waktu waktu daftar online nya bingung tentang jurusannya, tolong dong kak penjelasan tentang 3 jurusan STIS nya, makasih🙂

    1. Jurusan di STIS itu ada dua… yakni Statistik dan Komputasi.. Pemilihan jurusan ketika sudah mencapai tingkat 2. jadi di tingkat satu belum ada penjurusan… kalo memilih komputasi, bidang itu akan berkutat pada pemrogramman, IT, web, Java, Sistem Informasi, dll… sementara jika memilih statistik nanti swaktu tingkat 3 akan ada pendalaman lagi,, yakni statistik ekonomi dan statistik sosial kependudukan… Statistik ekonomi lebih mirip dengan ilmu Ekonomi di Univ lain.. yang membedakannya ialah dikaji secara statistik.. sementara Statistik Sosial Kependudukan itu membahas hal2 mengenai sosial, demografi,, dan hal lainya mengenai kependudukan… Ada yang ditanyakan lg ???

      Selamat Berusaha!! Semoga Sukses!!!😀

  4. terimakasih sudah post ya kak. kalau entar tes nya pakai baju apa sebaiknya? terus kalau mau beli buku usm nya dimana? terimakasih🙂

    1. pake baju item putih kemeja.. yang penting rapi.. dan pake sepatu.. jngan pake kaos aj.. Kalo mau beli buku usm bisa beli di BPS prov. atw bisa beli di KOPMA STIS dengan memesan dek..😀

      1. Loh engga boleh pake jeans ya? Kalo engga ada celana bahan gimana? Ada saran :s

  5. Kak,,mau nanya nihh..
    Klo jurusan yang paling sulit di STIS itu apa ya,,,dan jurusan yg paling mudah dan jarang di DO apa kak..
    Makasi..

    1. wah… ini salah pemahaman… jadi tahap DO itu sebelum memilih jurusan, tpatnya pas di tingkat 1 smester 1 dan 2. istilahny kayak SMA.. kmu masih kelas 1,, masih tahap pemahaman jurusan.. nanti pas tk 2 baru bisa milih.. jadi pas di tingkat 2, ga ada DO lg. kecuali yng gagal, ngulang 1 tahun, trus gagal lg, baru di DO… ok?

      1. Ohhh…gitu ea kak.
        Trus kira2 jurusan yang lebih mudah itu apa kak..??
        Makasiii

    1. kalo untuk psikotest, semua buku pada dasarnya sama, yang penting dilatih aja soal2 ny, karena kebanyakan soal2 dari buku psikotest manapun sama, saya pun juga ada menampilkan unduhan untuk soal2 psikotest di postingan lainya, semoga bisa berguna.

  6. Ka, saya mau daftar di stis, tapi saya msh ragu sma tes kesehatanya, yang kata orang orang Ted kesehatan di stis itu harus telanjang bulat ?
    apa benar begitu kah?

    1. ga ada yg begituan. yang jelas tes kesehatannya di rumah sakit daerah masing2. *mungkin telanjang itu, mungkin pas pemeriksaan xray di rumah sakitnya, itupun ga smua ny harus gitu kok.

    1. inti ny kalo belajar di STIS itu tentang bagaimana, proses memperoleh, mengelola hingga menganalisis data. Jurusan komputasi itu, hal2 yang dipelajari seperti halnya TI maupun SI, mungkin gabungan keduanya. karna dipersiapkan untuk menjadi staff siap kerja. Komputasi sendiri mengenai komputerisasi proses pengerjaan perhitungan dan pengelolaan data nya. Mudahnya sih disebut programmernya statistika. kita mempelajari bahasa program java, web, database, dll. Namun mata kuliah statistiknya tetap didapat, karna sebagai dasar pemahaman pengolahan data tersebut.

  7. terakasih kak atas infonya. info-info dari kakak sangat bermanfaat sekali untuk saya. saya pengen banget ke STIS. sekarang saya masih kelas 2, semoga tahun depan saya bisa menjadi bagian dari STIS. amain. doain ya kak🙂

  8. makasih🙂
    kak kalau aku mau nanya langsung sm kakak tentang stis tanpa lewat sini boleh gak? soalnya gak tau mau nanya ama siapa aja
    kalau boleh lewat mana kak?????

Komentarin aja

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s