Hukum batal puasa bila mendonorkan darah

Ada satu hal yang buat gw bingung akhir2 ini, ada orang yang pengen mendonorkan darah untuk orang lain yng lagi butuh darahnya, trus dia batalin puasany.

 

Yang bikin gw bingung boleh apa enggak ya???

Kalo sakit boleh kagak puasa. tapi kan yang ngedonor gak sakit, semata2 untuk menolong. nah setelah gw pikir2, ada bikny gw cari tu masalah di buku fikih. gw gak nemu, tp ada satu hadis yng menurut gw bisa jd pegangan.

“Kami pernah berperang bersama Rasulullah pada bulan Ramadhan. Di antara kami ada yang berpuasa dan ada juga yang tidak. Orang yang berpuasa tidak mencela orang yang berbuka. Sebaliknya, orang yang berbuka tidak mencela orang yang berpuasa. Mereka mengetahui, bahwa siapa yang memiliki kemampuan dan berpuasa, maka yang demikian itu lebih baik. Mereka juga mengetahui, bahwa siapa yang mendapatkan diri tidak mampu dan berbuka, maka yang demikian juga baik.” (H.R. Muslim)

nah dari tuh hadist gw nyimpulin sesungguhnya boleh kita membatalkan puasa demi menolong orang dengan donor darah kita. nabi aja membolehkan hal tersebut seperti dalam keadaan perang. bagi yang sanggup tetap berpuasa setelah mendonor juga lebih baik.

Itu pendapat gw, ntar gw coba tanya ustad2 atw murobi gw. ente jg bisa kasih pendapat. wasalam

Komentarin aja

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s